ARCHITECTURAL DESIGN INFORMATION SYSTEM HEALTH CRISIS MANAGEMENT USING FRAMEWORK ZACHMAN

Authors

  • Muhammad Hidayat
  • Ana Hadiana

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v8i4.971

Keywords:

Krisis Kesehatan, Enterprise Architecture Planning, Zachman Framework, Unified Modelling Language, Roadmap

Abstract

Bencana merupakan suatu hal yang sangat mengganggu aktivitas manusia, wilayah kejadian bencana dapat mengganggu kelancaran aktivitas ekonomi, menghancurkan sendi-sendi sosial, dan membahayakan keberlangsungan hidup komunitas. Semua kejadian bencana menimbulkan krisis kesehatan antara lain lumpuhnya pelayanan kesehatan, korban mati, korban luka, pengungsi, masalah gizi, masalah ketersediaan air bersih, masalah sanitasi lingkungan, penyakit menular dan stres/gangguan kejiwaan.

 

Penanganan tanggap darurat krisis kesehatan akibat bencana membutuhkan strategi pemanfaatan dan peningkatan dukungan sistem informasi, diterapkan untuk keselarasan dalam perencanaan, pelaksanaan dengan strategi bisnis enterprise. Secara garis besar sistem informasi ini dirancang untuk membantu penanganan krisis kesehatan akibat bencana alam.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Enterprise Architecture Planning berdasarkan Zachman framework yang mencakup kolom What, How, Where dan baris Scope, Enterprise Model, System Model, sedangkan perangkat lunak digunakan dalam membantu penggambaran sistem yaitu dengan Unified Modelling Language (UML). Perancangan arsitektur sistem informasi penelitian ini menghasilkan 49 entitas data, 32 kandidat aplikasi dan arsitektur teknologi.

 

Roadmap memberikan gambaran prioritas aplikasi yang akan dibuat dalam perancangan arsitektur sistem informasi pengelolaan krisis kesehatan pada dinas kesehatan provinsi Kalimantan Selatan yang akan menunjang proses bisnisnya sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Hidayat, M., & Hadiana, A. (2022). ARCHITECTURAL DESIGN INFORMATION SYSTEM HEALTH CRISIS MANAGEMENT USING FRAMEWORK ZACHMAN. Jurnal Informatika Polinema, 8(4), 17–24. https://doi.org/10.33795/jip.v8i4.971