SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v8i2.860Keywords:
Kecanduan Game, Simple Additive Weighting, Salience, Euphoria, Conflict, Tolerance, Withdrawal, Relapse and ReinstatementAbstract
Bermain game online menjadi kegemaran setiap orang dari semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Game online menjadi idola bagi semua kalangan karena dapat dijadikan alternatif menghilangkan kejenuhan setelah seharian beraktivitas, Sayangnya tidak semua orang dapat mengontrolnya dengan baik hingga menjadi kecanduan terhadap game online. Selain sebagai sarana hiburan game online juga memberikan tantangan yang menarik untuk diselesaikan sehingga seseorang bermain game online tanpa memperhitungkan waktu demi mencapai kepuasan. Seseorang dapat terus menerus bermain game online sampai melupakan waktu bahkan melupakan kondisi lingkungan disekelilingnya. Keseringan dalam bermain game online dapat berdampak pada tingkat kecanduan seseorang terhadap game. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa telah memiliki jenis perilaku kecanduan game. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian untuk menentukan tingkatkecanduan seseorang terhadap game online. Jenis perilaku tersebut kemudian dibuat ke dalam sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) berbasis web. Sistem ini dirancang bangun menggunakan perhitungan metode simple additive weighting (SAW). Dengan dilakukannya penelitian ini, dihasilkan sebuah sistem untuk menentukan tingkat kecanduan game online berdasarkan enam jenis perilaku kecanduan game berdasarkan studi pustaka terdahulu seperti salience, euphoria, conflict, tolerance, withdrawal, relapse and reinstatement. Sistem ini dapat menampilkan hasil perangkingan yang paling banyak memiliki perilaku kecanduan game online berdasarkan hasil peritungan metode simple additive weighting (SAW).