Pembuatan Game 2D Susun Terjemah Kosa Kata Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Library A* Karya Aron Granberg

Authors

  • Yusuf Ansori
  • Juniardi Nur Fadila
  • Fressy Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v7i4.698

Keywords:

Game 2D, Unity 2D, susun kata, platformer, pathfinding

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan banyak pengaruh di berbagai cabang. Salah satunya pada cabang game. Game merupakan salah satu bentuk kemajuan di bidang teknologi. Teknologi Game juga semakin berkembang dari masa ke masa dan semakin beragam maksud dan tujuan dalam pembuatannya. Dilihat dari sisi  jenisnya, game dapat dibedakan game 3D dan 2D. Game 2D merupakan game dengan perspektif side-view, dimana pemain hanya dapat melihat karakter hanya dari satu sisi saja. Dari satu jenis game ini, dapat dibedakan menjadi banyak genre yang mempengaruhi karakter yang ada pada game. Pada umumnya setiap game akan terasa lebih menarik dan menantang jika terdapat non player character (NPC). Agar NPC dapat berperan sebagaimana karakter utama, maka diperlukan kecerdasan buatan. Salah satu kecerdasan buatan yang dapat digunakan adalah A* pathfinding. Dengan kecerdasan tersebut, NPC dapat mencari rute tercepat untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Pemaparan metode dan penjelasan pada penelitian disajikan secara detail dan sistematis agar mudah dipahami. Pada hasil diperlihatkan NPC yang mengejar karakter utama dan tugas karakter utama adalah mengalahkan semua NPC dan menemukan setiap huruf yang tersembunya di dalam game. Algoritma A Star (A*) terbukti dapat digunakan pada NPC di game 2 dimensi sehingga NPC dapat mengikuti karakter utama dan menyerang karena NPC berperan sebagai musuh dalam game

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Yusuf Ansori, Fadila, J. N., & Fressy Nugroho. (2021). Pembuatan Game 2D Susun Terjemah Kosa Kata Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Library A* Karya Aron Granberg. Jurnal Informatika Polinema, 7(4), 13–18. https://doi.org/10.33795/jip.v7i4.698