APLIKASI ANDROID "KIDS ABC" BERBASIS GAMESEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA INGRIS SISWA SD

Authors

  • Ryan Prabowo Zaini
  • Oktriza Melfazen
  • Mohammad Jasa Afroni

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v7i4.536

Keywords:

Android, Game Edukasi, Unity 3D, Bahasa Inggris

Abstract

SD Negeri 1 Basirih pada mata pelajaran Bahasa Inggris, ditemukan beberapa informasi permasalahan siswa kurang aktif dalam pelajaran Bahasa Inggris. Siswa merasa takut melakukan kesalahan pada saat pelajaran Bahasa Inggris karena belum memiliki pengalaman berbahasa inggris di lingkungannya, hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai praktikum materi Bahasa Inggris yaitu, sebanyak 16 dari total 32 siswa belum mencapai nilai KKM, karena penyampaian materi pembelajaran masih menggunakan cara konvensional dan pendidik masih sebagai pusat pembelajaran sedangkan kurikulum yang digunakan mengacu pada Kurikulum 2013 yang berorientasi pada pembelajaran berpusat pada siswa, maka diperlukan media yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran student center, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan cara belajar bahasa inggris bagi siswa Sekolah Dasar dengan media game “Kids ABC”. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan multimedia Lee dan Owens melalui lima tahapan yaitu, Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah membuat aplikasi game edukasi berbasis android dan mengacu pada kursus bahasa inggris yang mempunyai gambar binatang, tumbuhan, benda, dan suara yang akan merubah emosi pemain. Dapat disimpulkan bahwa kualitas permainan edukasi bahasa Inggris, aplikasi ini sangat berguna untuk mengasah kemampuan anak SD dalam mempermudah proses belajar menggunakan bahasa inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Zaini, R. P., Oktriza Melfazen, & Afroni, M. J. . (2021). APLIKASI ANDROID "KIDS ABC" BERBASIS GAMESEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA INGRIS SISWA SD. Jurnal Informatika Polinema, 7(4), 55–64. https://doi.org/10.33795/jip.v7i4.536