Implementasi 360 Degree untuk Membantu Proses Pelaporan Kinerja Dosen (Studi Kasus; JTI Polinema)

Authors

  • Misbahudin
  • Rudy Ariyanto
  • Yoppy Yunhasnawa

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v7i2.483

Keywords:

360 degree, GDSS, AHP, borda, kinerja dosen

Abstract

Untuk  menuju  tujuan  pendidikan  nasional  tersebut  diperlukan  dosen  yang  professional. Evaluasi kinerja dosen diperlukan agar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya  sejalan dengan apa  yang diisyaratkan dalam UU  No.  14  Tahun  2005  tentang  guru  dan  dosen, Dalam  melaksanakan  penilaian  yang  benar, maka  penilaian dilakukan oleh  pihak yang  tepat  yang  dapat  memberikan  kontribusi  penilaian  yang  baik.  Hal  ini  cocok  dengan metode   360   degree yang   menilai   seseorang   dari   pihak-pihak   yang   berada   di   sekitarnya. Penelitian   ini menggunakan konsep sistem pendukung keputusan kelompok (GDSS) sebagai metode pengolahan data dengan 3 penilai  yaitu  atasan,  mahasiswa,  dan  rekan  sesama  dosen.  Sistem  pendukung  keputusan  kelompok  yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan Borda untuk penentuan  keputusan  kelompok.  Metode  AHP  digunakan  untuk  penentuan  bobot  kriteria  dari  setiap  alternatif. Metode Borda digunakan untuk penggabungan hasil perangkingan yang didapat oleh setiap pengambil keputusan sehingga  mendapatkan  perangkingan  akhir  dan  mendapatkan  skor  setiap  alternatif. Kriteria  yang  digunakan antara  lain:  Kepribadian,  Pedagogik,  Sosial,  dan  Profesional. Hasil  dari  pengujian dari 10  data  uji, dapat disimpulkan tingkat  akurasi  yakni  sebesar  20  %.  Presentase  yang rendah  ini  disebabkan  penilaian  kinerja  yang selama ini diterapkan tidak menggabungkan penilaian dari mahasiswa, atasan dan rekan sejawat. Selain itu tidak ada penilaian untuk rekan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-23

How to Cite

Misbahudin, Rudy Ariyanto, & Yoppy Yunhasnawa. (2021). Implementasi 360 Degree untuk Membantu Proses Pelaporan Kinerja Dosen (Studi Kasus; JTI Polinema). Jurnal Informatika Polinema, 7(2), 13–20. https://doi.org/10.33795/jip.v7i2.483