IMPLEMENTASI METODE FUZZY MAMDANI DAN LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG) PADA GAME HIDDEN OBJECT

Authors

  • Roki Syah Al Zarkasi
  • Dhebys Suryani Hormansyah
  • Dimas Wahyu Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v6i4.317

Abstract

Game dewasa ini telah menjadi populer di kalangan masyarakat, sebagai suatu bentuk hiburan, mendukung interaksi sosial antara mereka. Game atau permainan sejatinya dibuat untuk digunakan sebagai sarana menghibur. Game hidden object merupakan salah satu konsep game yang ada pada genre game puzzle. Game puzzle merupakan salah satu permainan yang dapat mengasah otak dan sangat menantang. Metode Linear Congruential Genetator (LCG) digunakan untuk membangkitkan bilangan acak dengan distribusi uniform. Random number atau bilangan acak adalah sebuah bilangan yang dihasilkan dari sebuah proses, yang keluarannya tidak dapat diprediksi. Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang mengenalkan konsep kebenaran sebagian. Fuzzy Mamdani merupakan salah satu model dalam metode fuzzy yang sudah umum digunakan. Fuzzy mamdani sering juga dikenal dengan nama Metode Max-Min. Selain itu metode fuzzy mamdani terkenal sederhana dan tidak banyak proses komputasi yang dilakukan dimana proses komputasi dapat membuat sistem akan berjalan lebih lama. Penelitian ini berfokus pada implementasi metode LCG untuk mengacak list object yang ada pada game secara random, dan metode Fuzzy mamdani untuk menghitung skor dan sebagai penentuan level. Fokus Dari penelitian adalah untuk mencai tahu apakah metode LCG dan juga metode fuzzy mamdani dapat diimplemntasikan dengan baik pada game dengan konsep hidden object. Dari hasil implementasi fuzzy mamdani dan LCG didapati bahwa fuzzy mamdani memiliki tingkat keakuratan perhitungan sebesar 98,5% sedangkan LCG memiliki keakuratan pengacakan list objek sebesar 100%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode fuzzy mamdani dan LCG dapat di implementasikan dengan baik pada game dengan konsep hidden object.


Kata kunci: Game, Hidden object, LCG, Fuzzy Mamdani

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Al Zarkasi, R. S. ., Hormansyah, D. S. ., & Wibowo, D. W. . (2020). IMPLEMENTASI METODE FUZZY MAMDANI DAN LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG) PADA GAME HIDDEN OBJECT. Jurnal Informatika Polinema, 6(4), 23–30. https://doi.org/10.33795/jip.v6i4.317