ANALISIS PERFORMA CORE FRAMEWORK IOS PADA APLIKASI VISUALISASI GENERAL-GRAPH MENGGUNAKAN PERANGKAT MOBILE
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v6i2.341Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan kebiasaan pada pengguna teknologi. Perangkat teknologi ikut berevolusi, mulai dari super komputer hingga smartphone berukuran kecil dengan performa yang sepadan. Banyaknya penikmat teknologi yang beralih kepada piranti cerdas ini membuka peluang pengembangan aplikasi yang cukup besar. Aplikasi mobile harus tetap mampu bekerja secara cepat dan ringan meski dijalankan pada smartphone dengan tipe lama atau spesifikasi terbatas. Terutama aplikasi yang mengusung visualisasi dan animasi untuk menarik minat pengguna. Sistem operasi iOS menyediakan CoreFramework yang mendukung proses pembuatan objek dan animasi dalam jumlah banyak dengan cepat dan ringan. Oleh sebab itu, dibentuklah sebuah aplikasi visualisasi general-graph sederhana dengan implementasi CoreFramework guna menguji seberapa besar pengaruh framework tersebut terhadap kualitas aplikasi, terutama pada perangkat seri lama. Kriteria pengujian menggunakan tiga variabel dasar, yaitu waktu, alokasi Central Processing Unit (CPU) dan Random Access Memory (RAM) yang digunakan. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa meski CoreFramework menggunakan Graphic Processing Unit (GPU) untuk pemrosesannya, tapi setidaknya aplikasi membutuhkan minimal RAM berukuran 2GB pada perangkat smartphone agar responsifitas terjaga. Hal ini disebabkan karena ketika kapasitas RAM kecil, maka aplikasi akan menggunakan alokasi CPU dengan cukup signifikan agar bisa berjalan dengan baik.