PENERAPAN DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX MARKETPLACE SISTEM RANTAI PASOK “PANEN- PANEN”

Authors

  • Muhammad Shulhan Khairy

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v8i3.818

Keywords:

Design Thinking, Marketplace

Abstract

Pertanian adalah salah satu komoditas andalan di Indonesia yang cukup besar dan berpengaruh terhadap perekonomian nasional. Pertambahan penduduk di Indonesia yang semakin meningkat mengakibatkan kebutuhan dasar dari beberapa sektor seperti pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, tanaman pangan dan budidaya juga meningkat. PT. Infonika Parasa sebagai perusahaan mitra memiliki solusi untuk membuat sebuah sistem jual beli online berbasis marketplace. Namun, produsen dan konsumen membutuhkan tampilan sistem yang baik agar meminimalisir terjadinya kesalahan dalam melakukan transaksi jual beli online. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat user interface e-marketplace “Panen- Panen” yang dapat membantu pembudidaya sayuran, ikan, buah, dan ternak dalam memperluas pemasaran hasil olahan dan user dalam menggunakan aplikasi. Metode yang digunakan untuk mengolah data adalah Design Thinking dengan lima proses yaitu empathy, define, ideate, prototype, testing. Pada pengujian prototype menggunakan aspek learnability dan satisfaction dengan pendekatan system usability scale. Hasil pengujian dari aspek learnability sebesar 59% responden mempresentasikan kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi marketplace “Panen-Panen” dan dari aspek satisfaction memperoleh hasil sebesar 71,3%. Selain itu, penilaian adjective ratings berada diatas “Good” dan dibawah “Excellent” serta berada pada grade “C” dan Acceptable. Responden berhasil melakukan beberapa skenario yang diberikan serta memberikan sebuah feedback untuk aplikasi yang diajukan, sehingga pengguna dapat menyelesaikan tujuannya dalam menggunakan aplikasi marketplace “Panen-Panen” yaitu mencari dan memesan kebutuhan sayuran, buah, ikan, atau daging.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Khairy, M. S. . (2022). PENERAPAN DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX MARKETPLACE SISTEM RANTAI PASOK “PANEN- PANEN”. Jurnal Informatika Polinema, 8(3), 39–44. https://doi.org/10.33795/jip.v8i3.818