PENCARIAN RUTE TERDEKAT PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN MALANG PADA ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE FLOYD WARSHALL (STUDI KASUS DI DISKOMINFO KABUPATEN MALANG)

Authors

  • Diva Adittiyaputra
  • Mungki Astiningrum
  • Dika Rizky Yunianto

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v7i1.441

Keywords:

Pencarian Rute Terdekat, UMKM, Android, Floyd Warshall

Abstract

DISKOMINFO Kabupaten Malang menjelaskan, salah satu masalah yang sering kali di alami oleh masyarakat di Kabupaten Malang adalah banyaknya pelaku usaha yang tidak terdaftar dalam aplikasi Google Maps yang menjadikan pencarian lokasi pelaku usaha masih tergolong kurang efisien. Selain itu, tidak adanya sistem menyulitkan DISKOMINFO dalam mengelola data UMKM dan lokasi dari pelaku usaha. Berdasarkan permasalah tersebut, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu masyarakat yang berada di Kabupaten Malang dalam mengetahui informasi UMKM dan melakukan pencarian rute terdekat menuju pelaku usaha. Dibutuhkan juga halaman admin yang dapat memudahkan DISKOMINFO dalam mengelola data informasi UMKM. Untuk melakukan pencarian rute terdekat, akan digunakan metode Floyd Warshall, yang diterapkan dalam perhitungan untuk mencari rute dengan bobot terkecil sehingga didapatkan rute yang akan dipilih untuk menuju pelaku usaha. Peta yang akan digunakan adalah peta yang berasal dari Google dan aplikasi yang dibangun berbasis android. Dari pengujian yang telah dilakukan dalam penelitian ini, didapat bahwa aplikasi yang telah dibuat mampu memberikan hasil yang efisien dalam menentukan rute terdekat menuju pelaku usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Adittiyaputra, D. ., Astiningrum, M. ., & Yunianto, D. R. . (2020). PENCARIAN RUTE TERDEKAT PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN MALANG PADA ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE FLOYD WARSHALL (STUDI KASUS DI DISKOMINFO KABUPATEN MALANG). Jurnal Informatika Polinema, 7(1), 45–52. https://doi.org/10.33795/jip.v7i1.441