PENCARIAN JALUR TERPENDEK UNTUK PENJEMPUTAN BARANG KIRIMAN PELANGGAN MITRA (STUDI KASUS PADA KANTOR POS MALANG)
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v5i2.265Abstract
PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bertujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan & program pemerintah di bidang pelayanan jasa pos dan giro kepada masyarakat Indonesia. Kantor Pos Malang menawarkan layanan jemput kiriman atau pickup service kepada pelanggannya yang telah menandatangani surat perjanjian kontrak untuk menjadi Mitra Pos. Permasalahan yang timbul dari fasilitas ini adalah belum terdapatnya sebuah sistem untuk memanajemen penjemputan dan tidak sedikit kurir penjemput kiriman yang tidak mengetahui rute terpendek menuju lokasi Mitra Pos sehingga proses penjemputan terkesan belum efektif. Skripsi ini mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat me-manage data mitra pos, data penjemputan barang dan data kurir penjemput kiriman, serta memberikan informasi mengenai rute terpendek menuju Mitra Pos dengan menggunakan algoritma A* yang menerapkan pencarian heuristik, pencarian tersebut memiliki informasi mengenai jarak tempuh untuk mencapai tujuan dari Kantor Pos Malang menuju Mitra Pos. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner kepada 10 responden, 100% responden menyatakan bahwa aplikasi ini user friendly dan bermanfaat serta 80% menyatakan bahwa aplikasi ini mudah digunakan untuk membantu melakukan permintaan penjemputan barang kiriman.
Kata kunci : Pencarian Jalur Tependek, Jemput Kiriman, Algoritma A*, PHP, Google Maps API.