RANCANG BANGUN GAME MAZE 2D “RETURN TO EARTH”

Authors

  • Ridwan Rismanto
  • Dyah Ayu Irawati
  • Ari Mahardika Ahmad Nafis

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v4i4.217

Abstract

Salah satu unsur dari game yang membuat suatu game menjadi menarik adalah keberadaan NPC (non-playable character) pada game yang bisa menjadi lawan main player. Untuk bisa membuat NPC bergerak dan mengambil keputusan seperti manusia diperlukan kecerdasan buatan yang diimplementasikan pada NPC tersebut.Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode A* yang diimplementasikan pada tingkah laku NPC untuk menemukan jalur menuju karakter player. Metode A* (A-Star) merupakan metode untuk melakukan pencarian jalur terdekat dari titik awal ke titik tujuan. Selain itu dalam penelitian ini dikembangkan sebuah game 2D berjudul “Return To Earth” sebagai media untuk mengimplementasikan metode A* dalam mengendalikan pergerakan NPC. Game ini menceritakan seorang astronot yang berusaha kembali ke Bumi setelah diculik oleh alien. Astronot harus berusaha menuju titik tujuan dengan menghindari alien yang mendekati karakter astronot.Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa jalur yang diambil oleh algoritma A* berhasil menemukan jalur terpendek untuk setiap level. Dengan demikian algoritma A* ini dapat digunakan untuk mengambil jalur terdekat dari NPC menuju player.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-01

How to Cite

Ridwan Rismanto, Irawati, D. A. ., & Ari Mahardika Ahmad Nafis. (2018). RANCANG BANGUN GAME MAZE 2D “RETURN TO EARTH”. Jurnal Informatika Polinema, 4(4), 263. https://doi.org/10.33795/jip.v4i4.217