RANCANG BANGUN GAME MONOPOLI EDUKASI DENGAN LATAR BELAKANG PENGETAHUAN ADAT ISTIADAT DI INDONESIA

Authors

  • Ekojono Ekojono
  • Sofyan Noor Arief
  • Denny Kharisma Putra

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v4i2.162

Abstract

Indonesia memiliki banyak kebudayaan, tradisi, dan adat istiadat yang tidak banyak diketahui oleh generasi muda. Budaya dan tradisi yang dipercaya turun temurun dan merupakan identitas bangsa harus dijaga dan dilestarikan oleh para penerus bangsa. Akan tetapi saat ini budaya di Indonesia kini sudah terkikis semua oleh yang namanya kemajuan zaman. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu pengembangan game Monopoli Edukasi Adat Istiadat di Indonesia menggunakan metode LCG (Linier Congruential Generator). Sistem yang dirancang dan diimplementasikan berbasis Game Engine Unity, menggunakan bahasa pemrograman C Sharp, dengan berisikan materi mengenai tarian adat, pakaian adat dan rumah adat yang ada di Indonesia. Sistem ini merupakan penggabungan dari game Monopoli dan adat istiadat di Indonesia, diharapkan dapat membantu anak-anak untuk lebih mengenal adat istiadat di Indonesia. Dengan melakukan riset tentang cara merancang dan membuat game Monopoli diharapkan game “Monopoli Adat Istiadat Indonesia” dapat menjadi media untuk pembelajaran dan mengenal lebih jauh mengenai adat istiadat di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Ekojono, E. ., Arief, S. N., & Putra, D. K. . (2018). RANCANG BANGUN GAME MONOPOLI EDUKASI DENGAN LATAR BELAKANG PENGETAHUAN ADAT ISTIADAT DI INDONESIA. Jurnal Informatika Polinema, 4(2), 139. https://doi.org/10.33795/jip.v4i2.162