PERANCANGAN GAME STRATEGI WIRAUSAHA “MEATBALL TYCOON” MENGGUNAKAN METODE FINITE-STATE MACHINE

Authors

  • Dhebys Suryani Hormasnyah
  • Meyti Eka Apriani
  • Satria Bagus Wahyu Ramadhan

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v6i1.323

Abstract

Kurangnya lowongan pekerjaan bagi yang membutuhkannya  menimbulkan ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan sebagian pihak masyarakat. Salah satu cara untuk menambah lowongan pekerjaan bagi orang-orang yang tidak mendapatkannya adalah dengan membuka usaha sendiri. Untuk meningkatkan minat mereka, kita dapat menggunakan perkembangan teknologi sebagai sarananya. Kini, terdapat berbagai sarana game yang digemari masyarakat. Dengan adanya hal tersebut, kita bisa memanfaatkannya untuk memperkenalkan wirausaha kepada masyarakat. Salah satunya dengan membuat permainan simulasi wirausaha 3D Meatball Tycoon  yang dapat mengenalkan wirausaha dengan memanfaatkan Finite-State Machine dalam pengaturan perilaku objeknya untuk menciptakan kondisi yang lebih nyata. Aplikasi ini memanfaatkan perangkat Android dan desktop PC dan dibangun sebagai saran hiburan dan edukasi dalam pengenalan wirausaha.Hasil dari penelitian ini adalah terealisasikannya suatu game dengan memanfaatkan Finite-State Machine yang dapat memotivasi dan memperkenalkan dalam berwirausaha terhadap penggunanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-07

How to Cite

Hormasnyah, D. S. ., Apriani, M. E. ., & Ramadhan, S. B. W. . (2020). PERANCANGAN GAME STRATEGI WIRAUSAHA “MEATBALL TYCOON” MENGGUNAKAN METODE FINITE-STATE MACHINE. Jurnal Informatika Polinema, 6(1), 41–48. https://doi.org/10.33795/jip.v6i1.323