PENERAPAN METODE TF-IDF DAN N-GRAM PADA PENGEMBANGAN APLIKASI CHATBOT BERBASIS LINE UNTUK LAYANAN PUBLIK KESEHATAN DI KOTA MALANG

Authors

  • Dhebys Suryani Hormansyah
  • Faisal Rahutomo
  • Indinabilah Aulia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v5i1.233

Keywords:

Chatbot, N-Gram, Tf-Idf, Bot Line

Abstract

Teknologi kecerdasan buatan saat ini dapat diolah dengan berbagai macam bentuk, seperti ChatBot dengan berbagai metode, salah satunya menggunakan TF-IDF dan N-GRAM. TF-IDF merupakan sebuag metode dengan menghitung bobot masing-masing kata dalam suatu pertanyaan yang nantinya akan dicocokan dengan dataset, sedangkan N-GRAM merupakan metode dimana sebagai ekstrasi kalimat masukan dari user yang nantinya akan dimasukkan ke dalam dataset. Hasil penelitian dapat diperoleh bahwa Question-Answering dan pemberian informasi baru dari user dalam bentuk ChatBot menggunakan TF-IDF dan N-Gram proses pengurangan data yang relevan dengan dataset.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Hormansyah, D. S. ., Rahutomo, F. ., & Aulia, I. . (2018). PENERAPAN METODE TF-IDF DAN N-GRAM PADA PENGEMBANGAN APLIKASI CHATBOT BERBASIS LINE UNTUK LAYANAN PUBLIK KESEHATAN DI KOTA MALANG. Jurnal Informatika Polinema, 5(1), 7–11. https://doi.org/10.33795/jip.v5i1.233