SISTEM PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN ESTIMASI PANJANG ANTRIAN MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA

Authors

  • Adzikirani Adzikirani
  • Rosa Andrie Asmara
  • Deddy Kusbianto P. A

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v3i3.29

Keywords:

Logika Fuzzy, Pengolahan Citra

Abstract

Saat  ini  salah  satu  penyebab  kemacetan  adalah  lampu  lalu  lintas  yang  menggunakan  waktu  yang  tetap sedangkan  volume  kendaraan  selalu  berubah-,  sehingga  lampu  lalu  lintas  menjadi  kurang  efektif.  Maka dibutuhkan  metode  untuk  menghitung  lama  lampu  lalu  lintas  menyala  dengan  waktu  sesuai  dengan  jumlah kendaraan. Sistem  ini  mengimplementasikan  4  kamera  pada  persimpangan.  Kamera  mengambil  gambar  saat  jalur sedang  kosong  sebagai  acuan,  dan  mengambil  gambar  setiap  sequence  sebagai  input.  Gambar  diproses menggunakan  pengolahan  citra,  dari  merubah  format  RGB  menjadi  grayscale,  dilakukan  proses  subtraction dengan gambar acuan, penambahan brightness, merubah format grayscale menjadi biner dengan Otsu‟s threshold dan menghitung jumlah objek sebagai input dari logika fuzzy tsukamoto yang menghasilkan lama lampu hijau menyala. Sedangkan lama lampu merah menyala dihitung dengan menjumlahkan lama lampu hijau menyala dari jalur lainnnya Penggunaan 4 buah input dimaksudkan agar sistem memperhatikan jumlah antrian dari setiap jalur dan  memperhatikan  sebaran  kepadatan,  Sehingga  hasil  lama  lampu  merah  dan  lampu  hijau  menyala  dapat berubah-ubah sesuai dengan sebaran kepadatan antrian. Semakin terang kondisi jalan, semakin tinggi tingkat akurasi yang didapatkan. Pada pagi hari, didapatkan nilai error 1.74%, pada siang hari  sebesar 9%, pada  malam  hari dengan penerangan  normal sebesar 21% dan pada malam hari dengan tambahan penerangan sebesar 15%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-05-01

How to Cite

Adzikirani, A. ., Asmara, R. A. ., & Kusbianto P. A, D. . (2017). SISTEM PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS BERDASARKAN ESTIMASI PANJANG ANTRIAN MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA. Jurnal Informatika Polinema, 3(3), 20–26. https://doi.org/10.33795/jip.v3i3.29