RANCANG BANGUN GAMEPUZZLE 2D “TANGRAM PUZZLE” DENGAN METODE FISHER-YATES SHUFFLE

Authors

  • Vandi Chamdika
  • Deddy Kusbianto P
  • Dyah Ayu Irawati

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v3i1.16

Keywords:

Game, Puzzle, 2 Dimensi, Fisher-Yates Shuffle, Geometri Dasar, Tangram, Media Pembelajaran

Abstract

Perkembangan  teknologi  membuat  banyak  game  yang  dapat  dimainkan  oleh  masyarakat  sebagai penghilang rasa penat. Namun banyak  game  yang dibuat hanya mengedepankan sisi hiburan semata,  diperlukan sebuah game yang dapat djadikan media pembelajaran agar masyarakat memperoleh rangsangan hiburan yang edukatif Gamepuzzle  yang  dapat  dijadikan  sebagai  media  pembelajaran  adalah  puzzle  tangram.  Tangram merupakan permainan puzzle yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengidentifikasi bentuk, klasifikasi bentuk, dan menambah pembendaharan bentuk geometri dasar.  Gamepuzzle  tangram sangat menarik  untuk  dimainkan  karena  memiliki  banyak  bentuk  dan  jenis  figure    yang  dapat  selesaikan.  Metode Fisher-Yates  Shuffle  merupakan  algoritma  yang  digunakan  untuk  mengambil  angka  permutasi  secara acak. Dengan  menggunakan  metode  Fisher-Yates  Shuffle  sebagai  algoritma  pengacak  rotasi  kepingan  puzzle dan pegacak puzzle  yang dikeluarkan setiap kali bermain. Maka dibuatlah  gamepuzzle  2d “Tangram Puzzle” sebagai media pembelajaran mengenai bentuk geometri dasar. Pengujian  yang  telah  dilakukan  menunjukkan  bahwa  gamepuzzle  2d  “Tangram  Puzzle”  sebagai  media pembelajaran mengenai bangun geometri dasar mendapat prosentase rata-rata tercapainya tujuan pembelajaran sebesar 77.78%. Penggunaan metode Fisher-Yates Shuffle sebagai pengacak urutan  scene dan sumbu z kepingan puzzle berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-11-01

How to Cite

Chamdika, V. ., Kusbianto P, D. ., & Irawati, D. A. . (2016). RANCANG BANGUN GAMEPUZZLE 2D “TANGRAM PUZZLE” DENGAN METODE FISHER-YATES SHUFFLE. Jurnal Informatika Polinema, 3(1), 8. https://doi.org/10.33795/jip.v3i1.16