SPK PEMILIHAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE AHP
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v2i4.80Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM adalah perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. Contoh UMKM adalah Cornnies dan Indri Collection. Produksi Cornnies dan Indri Collection ini masih dengan skala kecil, karena kurang dikenal oleh masyarakat luas, oleh karena itu dibutuhkan suatu promosi. Salah satu media promosi adalah memanfaatkan media online sebagai sarana promosi. Akan tetapi media internet memiliki banyak jenis, oleh karena itu dibutuhkan pengkajian dan pengukuran untuk masing-masing jenisnya. Untuk mengukur masing-masing jenis media online, dibutuhkan suatu metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Sistem ini dapat menjadi pendamping pengambilan keputusan mengenai pemilihan media online sebagai sarana periklanan. Dengan adanya aplikasi ini, pengambilan keputusan menjadi lebih efektif, serta menghasilkan keputusan yang terbaik bagi pihak Cornnies dan Indri Collection. Keputusan ini telah diuji dengan membandingkan hasil output sistem dengan hasil keputusan manual.