SPK PEMILIHAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE AHP

Authors

  • Risqy Siwi Pradini
  • Indra Dharma Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v2i4.80

Abstract

Usaha  Mikro,  Kecil,  dan  Menengah  atau  UMKM  adalah  perusahaan  kecil  yang  dimiliki  dan  dikelola  oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. Contoh UMKM adalah Cornnies dan Indri Collection. Produksi Cornnies dan Indri  Collection ini masih dengan skala kecil, karena kurang dikenal oleh masyarakat luas, oleh karena itu dibutuhkan suatu promosi. Salah satu media promosi adalah memanfaatkan media online sebagai sarana promosi. Akan tetapi media internet memiliki banyak jenis, oleh karena itu dibutuhkan pengkajian dan pengukuran untuk masing-masing jenisnya. Untuk mengukur masing-masing jenis media online, dibutuhkan suatu metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Sistem ini dapat menjadi  pendamping  pengambilan  keputusan  mengenai  pemilihan  media  online  sebagai  sarana  periklanan. Dengan adanya aplikasi ini, pengambilan keputusan menjadi lebih efektif, serta menghasilkan keputusan  yang terbaik bagi pihak Cornnies dan Indri Collection. Keputusan ini telah diuji dengan membandingkan hasil output sistem dengan hasil keputusan manual.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-01

How to Cite

Pradini, R. S. ., & Wijaya, I. D. . (2016). SPK PEMILIHAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE AHP. Jurnal Informatika Polinema, 2(4), 181. https://doi.org/10.33795/jip.v2i4.80