RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KINECT

Authors

  • Azkia Nury Farizah
  • Mungki Astiningrum

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v2i2.56

Abstract

Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional  yang  harus dikenalkan sejak usia dini pada anak­-anak. Pengenalan  Bahasa  Inggris  pada  anak­anak  harus  dilakukan  dengan  cara  yang  menyenangkan,  salah  satunya adalah  dengan  menggunakan  aplikasi  pembelajaran  yang  dilengkapi  dengan  permainan.  Anak­anak  pada umumnya  senang  bermain  dan  bergerak,  karena  pada  usia  anak­anak,  kemampuan  kognitif  dan  motorik berkembang secara bersamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris yang melibatkan aktivitas motorik. Aplikasi ini dijalankan dengan menggunakan sensor Kinect dan menggunakan Algoritma Fisher­Yates Shuffle untuk pengacakan soal pada permainan.Hasil pengujian yang telah dilakukan pada anak­anak sekolah dasar menunjukkan bahwa Aplikasi Pembelajaran yang melibatkan aktivitas motorik dinilai baik oleh anak-­anak dengan tingkat kepuasan hingga 80%. Dengan demikian, Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif media pengenalan Bahasa Inggris pada anak­anak dengan permainan yang melibatkan aktivitas motorik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-01

How to Cite

Farizah, A. N. ., & Mungki Astiningrum. (2016). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KINECT. Jurnal Informatika Polinema, 2(2), 55. https://doi.org/10.33795/jip.v2i2.56