SISTEM PENCATATAN POIN PELANGGARAN SISWA PADA SMA NEGERI 1 PURWOSARI
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v1i1.84Keywords:
Sistem Pencatatan Poin, Point Pelanggaran, Sistem InformasiAbstract
Tingkat pelanggaran siswa pada SMA Negeri 1 Purwosari dari tahun ke tahun terus bertambah dengan berbagai macam pelanggaran yang dilakukan. Selama ini pencatatan poin pelanggaran yang dilakukan oleh guru BK (Bimbingan Konseling) menggunakan buku tatib yang dimiliki oleh sekolah. Pengendalian pada pelanggaran yang dilakukan masih belum dapat dilakukan secara optimal karena guru BK (Bimbingan Konseling) tidak dapat dengan mudah menentukan tingkat tertinggi pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Karena itulah sebuah sistem pencatatan poin pelanggaran siswa pada sekolah sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat ketidak disiplinan para siswa dalam lingkungan sekolah. Sistem informasi tersebut juga dapat menghasilkan informasi tersebut secara efektif dan efisien. Sistem pencatatan pelangaran ini menggunakan metode penjumlahan dari tiap komponen pelanggaran yaitu komponen sikap dan perilaku, komponen kerajinan dan komponen kerapian, sehingga nanti didapatkan jumlah point dari tiap siswa beserta sanksi yang didapat dan jumlah statistik pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Dengan demikian sistem pencatatan poin pelanggaran ini dapat menjadi pendukung keputusan bagi guru BK yang memberi penilaian terhadap pelanggaran siswa di lingkungan sekolah.