IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PERUMAHAN PATRALAND PLACE
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v1i1.88Keywords:
perumahan, Android, Augmented Reality, Virtual TourAbstract
Perumahan Patraland Place merupakan proyek properti pertama di kota Malang yang mempunyai banyak nilai, diantaranya lokasi strategis, harga bersaing dan fasilitas lengkap. Saat ini Perumahan Patraland Place menggunakan brosur sebagai media promosi, namun hal tersebut dirasa kurang menarik dan membosankan. Media promosi adalah salah satu komponen penting untuk mempromosikan suatu produk kepada konsumen. Untuk membuat media promosi menjadi lebih menarik dan berbeda bagi konsumen, salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknologi augmented reality. Augmented reality merupakan teknologi yang memungkinkan menggabungkan suatu objek 3-Dimensi (3D) ke lingkungan nyata secara langsung melalui sebuah kamera. Berdasarkan hal tersebut untuk mendukung media promosi Perumahan Patraland Place dibuatlah sebuah aplikasi yang menerapkan augmented reality untuk menunjang promosi sehingga lebih menarik. Konten aplikasi ini ditujukan kepada pengguna smartphone sistem operasi Android dan dari berbagai profesi pekerjaan. Fitur augmented reality ditampilkan dengan cara mengarahkan kamera ke arah pola pada brosur maka akan muncul denah perumahan dengan tampilan 3D dan terdapat button untuk menampilkan informasi dari masing-masing tipe rumah. Untuk menuju virtual tour terdapat button virtual untuk menjelajahi dalam rumah sehingga membantu tanpa harus datang ke lokasi. 3D modelling dibuat menggunakan Google SketchUp, Vuforia dan Unity 3D sebagai game engine dalam pembuatan augmented reality dan virtual tour yang kemudian di-build menjadi apk agar dapat dijalankan pada smartphone android. Aplikasi ini sudah diujicobakan pada beberapa pengguna smartpone. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dinilai sangat menarik, desain aplikasi menarik serta informasi yang disajikan menarik.