IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PERUMAHAN PATRALAND PLACE

Authors

  • Riza Ivanadi Padeka Putri
  • Dyah Ayu Irawati
  • Deddy Kusbianto Purwoko A

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v1i1.88

Keywords:

perumahan, Android, Augmented Reality, Virtual Tour

Abstract

Perumahan Patraland  Place merupakan  proyek  properti  pertama  di  kota  Malang  yang  mempunyai banyak  nilai,  diantaranya  lokasi  strategis,  harga  bersaing  dan  fasilitas  lengkap.  Saat  ini  Perumahan Patraland Place menggunakan  brosur  sebagai  media  promosi,  namun  hal  tersebut  dirasa  kurang menarik  dan membosankan. Media promosi adalah salah satu komponen penting untuk mempromosikan suatu produk kepada konsumen.  Untuk  membuat  media  promosi  menjadi  lebih  menarik  dan  berbeda  bagi  konsumen,  salah  satu caranya adalah dengan menerapkan teknologi augmented reality. Augmented reality merupakan teknologi yang memungkinkan  menggabungkan  suatu  objek  3-Dimensi  (3D)  ke  lingkungan  nyata  secara  langsung  melalui sebuah  kamera.  Berdasarkan  hal  tersebut  untuk  mendukung  media  promosi  Perumahan Patraland  Place dibuatlah  sebuah  aplikasi  yang  menerapkan augmented  reality  untuk  menunjang  promosi  sehingga  lebih menarik. Konten aplikasi ini ditujukan kepada pengguna smartphone sistem operasi Android dan dari berbagai profesi  pekerjaan.  Fitur augmented  reality ditampilkan  dengan  cara  mengarahkan  kamera  ke  arah  pola  pada brosur  maka  akan  muncul  denah  perumahan  dengan  tampilan  3D  dan  terdapat button untuk  menampilkan informasi dari masing-masing tipe rumah. Untuk menuju virtual tour terdapat button virtual untuk menjelajahi dalam rumah sehingga membantu tanpa harus datang ke lokasi. 3D modelling dibuat menggunakan Google SketchUp, Vuforia dan Unity 3D sebagai game engine dalam pembuatan augmented reality dan virtual tour yang kemudian di-build menjadi apk agar dapat dijalankan pada smartphone android. Aplikasi ini sudah diujicobakan pada beberapa pengguna smartpone. Berdasarkan hasil uji coba  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  aplikasi  ini  dinilai  sangat  menarik,  desain  aplikasi  menarik  serta informasi yang disajikan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-11-01

How to Cite

Padeka Putri, R. I. ., Irawati, D. A. ., & Purwoko A, D. K. . (2014). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PERUMAHAN PATRALAND PLACE. Jurnal Informatika Polinema, 1(1), 36. https://doi.org/10.33795/jip.v1i1.88