SIMULASI PERANCANGAN DENAH VIRTUAL REALITY DAN DIGITAL SIGNAGE DI MALL
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v1i1.92Keywords:
simulasi, Virtual Reality, Digital Signage, mallAbstract
Malang Town Square (Matos) merupakan salah satu mall di Malang yang mempunyai bangunan besar, luas, dan mempunyai banyak toko di setiap lantai. Dengan banyaknya toko yang terdapat di Matos, pengunjung akan kesulitan untuk mencari toko yang akan dituju. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membuat virtual reality pada Matos dimana pengunjung seakan-akan menjelajahi Matos dengan tampilan 3-Dimensi (3D) dan dapat melakukan pencarian toko yang ingin dituju. Media promosi adalah salah satu komponen penting untuk mempromosikan suatu produk kepada konsumen. Agar membuat media promosi menjadi lebih menarik bagi konsumen, salah satu caranya adalah dengan menampilkan dengan teknologi baru yaitu digital signage. Konten pada digital signage akan diklasifikasi dan diarahkan sesuai dengan demographic audience dan dibagi menjadi 2 kategori yaitu menurut umur dan jenis kelamin pengunjung. Fitur digital signage ditampilkan dengan cara screen saver yaitu jika website tidak sedang digunakan (idle) maka digital signage akan muncul dan jika website digunakan akan menutup. 3D modelling dibuat menggunakan Google SketchUp dan Unity 3D sebagai game engine untuk membuat lingkungan virtual yang kemudian di-build ke web agar dapat dijalankan pada website dengan plugin Unity Web Player. Kemudian virtual reality akan digabung dengan hasil pembuatan website dan digital signage yang dapat dimanage oleh admin yang berguna untuk menampilkan dan mengolah data. Aplikasi ini sudah diuji cobakan pada beberapa pengguna dengan mengunggah ke web hosting. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut dapat disimpulkan bahwa website ini dinilai dengan sangat baik, desain aplikasi menarik, serta informasi yang disajikan menarik dan informatif.