ANALISIS PEMILIHAN MEDIA PROMOSI DIGITAL BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN MENGGUNAKAN APRIORI

Authors

  • M.Taufiq Sauma Hendy
  • Saiful Nur Budiman
  • Haris Yuana

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v9i1.1180

Keywords:

Associatian Rule, Data Mining, Promosi Digital, rule, itemset

Abstract

Associatian Rule merupakan metode data mining untuk menentukan asosiasi berbasis aturan dan menentukan korelasi antar variabel dalam suatu kumpulan data. Pada penelitian ini penggunaan metode association rule dipilih karena bertujuan untuk mengetahui penerapan algoritma apriori pada penelitian analisis dan juga mengetahui hasil pengujian dari pemilihan media promosi digital berdasarkan perilaku pembelian pelanggan.  Dengan demikian melalui penelitian ini, pelaku UKM bisa mengetahui media digital yang paling tepat untuk mempromosikan produk kepada pelanggan yang sekarang lebih menyukai berbelanja secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 kombinasi itemset media yang cocok digunakan sebagai media promosi yang efektif, dimana media yang memiliki asosiasi terkuat adalah yaitu Instagram dan influenser. Kuatnya ikatan antar media yang meyakinkan dan dapat dijadikan acuan karena ketepatan kombinasi itemset yang saling berkorelasi dan validitas yang dihasilkan. Menetapkan nilai support minimal 0,3 dan  confidence minimal 0,8 untuk menghitung metode association rule, terlihat bahwa komponen (D,H) yang mewakili Instagram dan influencer memiliki nilai support sebesar 0,388889 dan nilai confidence sebesar 0,807692.Kemudian untuk hasil pengujian didapatkan hasil lift ratio lebih besar dari 1 yaitu sebesar 1,615385 yang menunjukkan adanya sinergi antara Instagram dengan influencer. Dengan demikian, para UKM dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alat bisnis  digital melalui Instagram dan influencer untuk meningkatkan penjualan produknya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Hendy, M. S. ., Budiman, S. N., & Yuana , H. . (2022). ANALISIS PEMILIHAN MEDIA PROMOSI DIGITAL BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN MENGGUNAKAN APRIORI. Jurnal Informatika Polinema, 9(1), 9–16. https://doi.org/10.33795/jip.v9i1.1180