PERANCANGAN GAME EDUKASI BERTEMA PAHLAWAN INDONESIA BERBASIS HTML5

Authors

  • Faris Afif Adistya
  • Kurnia Paranita Kartika
  • Zunita Wulansari

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v9i4.1226

Keywords:

Game Edukasi, Pahlawan Indonesia, Game Development Life Cycle

Abstract

Sejak pandemi COVID-19, kebanyakan orang tua memperbolehkan anak-anak mereka untuk menggunakan gadget smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pada kenyataannya, anak sekolah sekarang lebih suka menghabiskan waktunya untuk bermain game daripada belajar. Ironisnya, banyak dari mereka yang mengenal nama karakter dari game yang mereka mainkan, tetapi tidak mengetahui dan mengenal nama-nama tokoh Pahlawan Nasional dari Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi bertema pahlawan nasional Indonesia untuk meningkatkan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme di kalangan anak-anak, serta menambah pengetahuan tentang tokoh-tokoh pahlawan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC). GDLC merupakan metode yang dikhususkan untuk pengembangan dan perancangan sebuah game. Terdapat 6 fase dalam GDLC, yaitua fase initialization, fase pre-production, fase production, fase alpha testing, fase beta testing, dan fase release. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengujian, diperoleh nilai yang sangat baik pada aspek functionality, reliability, dan compatibility dengan skor masing-masing 100%. Selain itu, nilai yang baik juga diperoleh pada aspek expert validity dengan skor 83%, dan aspek playability dengan skor 78%. Dapat disimpulkan bahwa perancangan game edukasi bertema pahlawan Indonesia berbasis HTML5 ini dapat meningkatkan minat anak-anak, khususnya di tingkat sekolah dasar, untuk mengenal tokoh-tokoh pahlawan nasional Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Adistya , F. A. ., Kartika , K. P. ., & Wulansari , Z. . (2023). PERANCANGAN GAME EDUKASI BERTEMA PAHLAWAN INDONESIA BERBASIS HTML5. Jurnal Informatika Polinema, 9(4), 347–353. https://doi.org/10.33795/jip.v9i4.1226