ANALISA KELAYAKAN INVESTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) MENGGUNAKAN METODE INFORMATION ECONOMICS (IE)

Authors

  • Yudha Herlambang Cahya Pratama
  • Heri Supriyanto
  • Heri Supriyanto

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v9i4.1368

Keywords:

Rumah sakit, Investasi teknologi, information economic, Sistem Informasi Manajemen, SIMRS

Abstract

Perkembangan teknologi dan bisnis yang begitu cepat, menuntut perusahan untuk terus berkembang seperti pada fasilitas Kesehatan yaitu rumah sakit. Salah satu upaya yang dilakukan guna menjawab tuntutan pelayanan kesehatan yang baik adalah dengan melakukan investasi di bidang teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap investasi yang dilakukan oleh sebuah rumah sakit. Metode yang akan digunakan untuk menganalisis kelayakan investasi TI yaitu dilakukan menggunakan metode Information Economic (IE). Berdasarkan hasil analisis non finansial manfaat yang diperoleh yaitu adanya penghematan biaya kertas untuk laporan dan pengurangan tenaga SDM (operator), menghemat biaya penggajian karyawan, dan membantu mencapai tujuan strategis perusahaan. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis finansial, Nilai ROI sebesar 1,00% yang menunjukan keuntungan dari investasi mencapai 1 kali lipat dari total investasi 5 tahun. Nilai NPV sebesar Rp. 9.477.162 yang menunjukan nilainya lebih dari 0 (>0) dan Nilai PP sebesar 1 bulan.  Berdasarkan Dampak ekonomis dan kelayakan investasi menunjukan bahwa penghematan langsung biaya operasional selama 5 tahun sebesar Rp. 131.762.250. Sedangkan skor akhir proyek sebesar 75,01 dengan skor minimal -20 dan skor maksimal 100, sehingga menghasilkan justifikasi kategori Layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Pratama , Y. H. C. ., Supriyanto , H. ., & Supriyanto , H. (2023). ANALISA KELAYAKAN INVESTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) MENGGUNAKAN METODE INFORMATION ECONOMICS (IE). Jurnal Informatika Polinema, 9(4), 493–500. https://doi.org/10.33795/jip.v9i4.1368