Pemetaan Lokasi Destinasi Wisata Kota Kediri Berbasis Sistem Informasi Geografis
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v10i2.4736Keywords:
lokasi wisata, metode kuantitatif eksperimen, sistem informasi geografis, user acceptance testAbstract
Kota Kediri identik dengan kota tahu. Meskipun dijuluki kota tahu, Kota Kediri memiliki lokasi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Akan tetapi, para wisatawan belum sepenuhnya mengetahui kalau di Kota Kediri memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi pada saat liburan. Hal ini dikarenakan, stakeholder atau salah satu pemangku kebijakan yang ada di Kota Kediri belum memanfaatkan teknologi informasi yang berfungsi untuk menampilkan informasi tentang pemetaan objek lokasi wisata Kota Kediri kepada para wisatawan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuatlah sistem informasi pemetaan lokasi destinasi wisata Kota Kediri berbasis sistem informasi geografis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetaan lokasi destinasi wisata yang ada di Kota Kediri sebagai upaya penguatan pembangunan pemasaran di sektor industri pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, yang dimulai dari pengumpulan data terlebih dahulu dengan cara observasi lapangan dan membaca studi literatur guna mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Kemudian dilanjutkan dengan merancang desain sistem, setelah itu mengimplementasikan kedalam teknologi informasi berbasis sistem informasi geografis. Kontribusi yang diberikan dari penelitian ini, hasil dari pengujian menggunakan metode user acceptance testing, diperoleh nilai prosentase sebesar 98,12% aplikasi ini dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjungi lokasi wisata saat berada di Kota Kediri dan membantu pihak pemangku kebijakan Kota Kediri dalam memperkuat sektor industri pariwisata dalam mengenalkan Kota Kediri.