Finite State Machine in Chatbot Line E-Commerce Design Using NodeJs MongoDb and Express
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v10i1.1501Keywords:
Line Chatbot, Finite State Machine, E-CommerceAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi informasi mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku pengguna di internet. Saat ini media sosial mengambil peranan penting dalam pemasaran dan penjualan. Salah satu sosial media yang populer di indonesia adalah line messenger. Line memiliki fitur chatbot yang memungkinkan untuk membuat chat berbasis bot yang dapat dijalankan pada aplikasi line messenger. Namun terdapat kekurangan pada chatbot yaitu manajemen menu dan fungsi yang ditampilkan ke user tidak termanajemen dengan baik. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan finite state machine. Metode finite state machine digunakan untuk menentukan alur pengguna saat memilih menu yang tampil pada chatbot. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun chatbot yang akan dimanfaatkan untuk penjualan dan pembelian serta menerapkan metode finite state machine untuk manajemen menu yang ditampilkan pada chatbot. Model pengembangan Software development life cycle (SDLC) yang digunakan adalah model Rapid Application Development (RAD). RAD memiliki beberapa tahapan yaitu analisa (analysis), perancangan (design), implementasi (implementation), pengujian (testing), pemeliharaan (maintenance). Pada penelitian ini dilakukan dua jenis pengujian, yang pertama pengujian finite state, pengujian dilakukan dengan melakukan input terhadap state chatbot dan membandingkan response chatbot dengan hasil yang diharapkan. Yang kedua Usability Testing yaitu pengujian dilakukan menggunakan kuisoner Computer System Usability Questionnaire (CSUQ). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 87% pengguna dapat dengan mudah untuk menggunakan sistem chatbot yang digunakan untuk penjualan dan pembelian serta metode finite state machine dapat menampilkan menu sesuai state yang ditentukan.