Game Pembelajaran Huruf Jepang Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v10i1.1480Keywords:
Technology, Japanese Words, Game, Fisher-Yates ShuffleAbstract
Kemajuan teknologi di masa kini yang semakin berkembang pesat berpengaruh pada keefektifan, kemajuan, dan kepraktisan bagi pelajar dalam mempelajari bahasa baru. Pada studi kasus ini, lembaga kursus Shimeta Education Center Palembang yang memiliki bahasa Jepang sebagai salah satu mata pelajarannya belum memiliki perangkat lunak yang dapat membantu keefektifan siswa dalam mempermudah mengingat hurur-huruf Jepang yang tentu sangat baik apabila ada suatu metode yang dapat membantu para murid pada lembaga kursus ini mengingat huruf-huruf tersebut dengan cara yang menyenangkan serta efektif. Dengan ini dibuatlah game yang dapat membantu para murid mengingat huruf-huruf Jepang tersebut dengan cara yang menarik serta efektif. Pada game diterapkan sebuah algoritma pengacak fisher-yates shuffle pada soal yang berguna untuk mengacak soal-soal yang ada pada game agar game memiliki tantangan dikarenakan soal-soal yang selalu berubah setiap saat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah game berhasil dibangun menggunakan Unity3D dan algoritma fisher-yates shuffle berhasil diterapkan pada game serta 96,7% responden merasa senang setelah bermain game ini.