Pengembangan Aplikasi Berbagi Makanan (Food Sharing) Berbasis Mobile Menggunakan Framework Flutter

Authors

  • Rimul Azilah Universitas Brawijaya
  • Fais Al Huda Universitas Brawijaya
  • Lutfi Fanani Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v10i4.4967

Keywords:

food waste, food sharing, waterfall, MVVM, flutter, firebase, mobile

Abstract

Sampah makanan merupakan suatu persoalan yang akan selalu ditemukan disetiap lini aktivitas manusia. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2022 tercatat bahwa Indonesia menghasilkan 33,2 ton timbunan sampah dimana, berdasarkan jenisnya didominasi oleh sampah sisa makanan sebesar 40,7% dan berdasarkan sumbernya rumah tangga menjadi penyumbang tertinggi sebesar 38,2%. Hal ini diperkuat pula dengan data survei yang dilakukan terhadap anak kos dan ibu rumah tangga dimana didapatkan bahwa dari 53 responden didapatkan hasil bahwa 84,9% sering memiliki makanan berlebih yang masih layak konsumsi dan 98,1% menyatakan akan terbantu jika terdapat aplikasi yang dapat menyalurkan dan mengatasi permasalahan makanan sisa ini. Maka dari itu, dirancang sebuah aplikasi berbasis mobile yang dapat membantu pengguna untuk membagikan makanan sisa yang dipunyai dan membantu pengguna untuk mendapatkan makanan sisa yang diinginkan. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode SDLC Waterfall Model, penggunaan bahasa pemrograman Dart dengan framework flutter, Firebase sebagai penyimpanan data, dan MVVM sebagai pola arsitektur aplikasi dengan tujuan untuk mengukur apakah aplikasi ini cukup aksesibel dan mudah digunakan oleh pengguna dalam membagikan makanan sisa yang dimiliki. Aplikasi ini juga diuji menggunakan metode black box testing dan usability testing. Pada pengujian black box yang diujikan kepada pengembang didapatkan hasil valid sebesar 100%. Lalu, dari sisi usability juga menguji 3 aspek meliputi aspek effectiveness didapatkan skor persentase sebesar 97,1%, aspek efficiency didapatkan skor dengan persentase sebesar 85,3%, dan pada aspek satisfaction menggunakan perhitungan System Usability Scale (SUS) dan didapatkan hasil senilai 88,5 dengan kategori skor SUS acceptable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini terbilang mudah untuk digunakan pengguna dalam membagikan makanan sisa yang dimiliki kepada orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsetya Mikola, V., & Samsinar. (2023). Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Pada Clevhoshop Jogja Dengan Business Model Canvas. JMIK (JURNAL MAHASISWA ILMU KOMPUTER), 4(1), 10–19.

Badan Pemeriksaan Keuangan. (2008). UU No. 18 Tahun2008.https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39067/uu-no-18-tahun-2008

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Berbagi Makanan - KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Berbagi

Chaerul, M., & Zatadini, S. U. (2020). Perilaku Membuang Sampah Makanan dan Pengelolaan Sampah Makanan di Berbagai Negara: Review. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(3), 455–466. https://doi.org/10.14710/jil.18.3.455-466

Dimas, B., Rozaq, P. A., Hendra Brata, A., & Pramono, D. (2019). Pengembangan Aplikasi Food Sharing berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(10), 9620–9626. http://j-ptiik.ub.ac.id

Hasan, M., Kahfi, A. H., Purnama, D., & Syah, A. (2019). Analisis Pengaruh Mobile Application Dalam Menunjang Keberhasilan Wirausaha di Kota Bekasi. JURNAL INFORMATIKA, 6(1), 47–52. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/4989

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2022). SIPSN - Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

Mishra, R. (2022). MVVM (Model View ViewModel) Architecture Pattern in Android - GeeksforGeeks. https://www.geeksforgeeks.org/mvvm-model-view-viewmodel-architecture-pattern-in-android/

Moran, K. (2019). Usability Testing 101. Nielsen Norman Group (NN/g). https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/

Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 125–130. https://doi.org/10.32493/INFORMATIKA.V4I4.3782

Optimizely. (2024). What is A/B testing? Optimizely. https://www.optimizely.com/optimization-glossary/ab-testing/

Saraswati, S., Aminah, S., & Kristomoyo Kristanto, B. (2022). Pengembangan Aplikasi Berbagi Makanan Berbasis Android. Prosiding SISFOTEK, 6(1), 92–97. https://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/331

Siaputra, H., Christianti, N., & Amanda, G. (2019). Analisa Implementasi Food Waste Management Di Restoran ‘X’ Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.1-8

Statcounter Global Stats. (2023). Mobile Operating System Market Share Indonesia. StatCounter. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia/#monthly-202208-202308

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Azilah, R., Al Huda, F., & Fanani, L. (2024). Pengembangan Aplikasi Berbagi Makanan (Food Sharing) Berbasis Mobile Menggunakan Framework Flutter . Jurnal Informatika Polinema, 10(4), 453–462. https://doi.org/10.33795/jip.v10i4.4967