Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website di SMAN Ploso Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Candra Bella Vista
  • Girindra Fajar Nugraha Politeknik Negeri Malang
  • Toga Aldila Cinderatama

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v10i2.5000

Keywords:

algoritma apriori, manajemen perpustakaan, minimum support, minimum confidence

Abstract

Proses manajemen seperti pencatatan peminjaman, pengembalian, dan inventaris buku yang ada di Perpustakaan SMAN Ploso masih menggunakan proses pencatatan pada buku. Selain itu, proses pengembalian buku belum terorganisir dengan baik, karena masih terdapat anggota perpustakaan yang mengembalikan buku pada rak yang tidak semestinya. Maka dari itu, sistem ini dibuat bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam proses pengelolaan data perpustakaan dan memberikan rekomendasi penempatan buku dan pengadaan buku berdasarkan pola peminjaman.

Sistem ini memiliki fitur pengelolaan data perpustakaan seperti data buku, anggota, peminjaman, pengembalian, rekomendasi penempatan buku berdasarkan kategori pada data transaksi, rekomendasi pengadaan buku berdasarkan data transaksi, laporan, dan denda. Pada sistem ini admin dapat melakukan perhitungan Algoritma Apriori pada menu penempatan buku dengan memasukkan rentan waktu data peminjaman, nilai minimum support, dan nilai minimum confidence. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, admin memasukkan rentan waktu bulan Januari – Februari. Kemudian untuk nilai minimum support sebesar 10% dan nilai minimum confidence sebesar 60%. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, pemilihan nilai minimum support 10% dan nilai minimum confidence 60% memperoleh hasil yang ideal, karena itemset dan aturan asosiasi yang muncul memiliki keterkaitan yang signifikan. Dari nilai-nilai tersebut kemudian diproses oleh sistem dan menghasilkan nilai confidence 4 itemset, di mana masing-masing itemset tersebut memiliki nilai persentase confidence yang telah memenuhi nilai minimum confidence. Dari hasil yang diperoleh kategori kimia dan matematika sebesar 100%, kategori ekonomi dan geografi sebesar 62,5%, kategori geografi dan ekonomi sebesar 83,3%, kategori fisika dan matematika sebesar 80%. Dari hasil nilai confidence tersebut dapat digunakan sebagai rekomendasi penempatan buku maupun pengadaan buku.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Vista, C. B., Nugraha, G. F., & Cinderatama, T. A. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website di SMAN Ploso Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Informatika Polinema, 10(2), 151–156. https://doi.org/10.33795/jip.v10i2.5000