Aplikasi Pemantauan Distribusi Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Berbasis Website (Studi Kasus: CV. Sentosa Abadi)

Authors

  • Tri Kusuma Jaya Universitas Tanjungpura
  • Eva Faja Ripanti Universitas Tanjungpura
  • Fauzan Asrin Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v10i3.5117

Keywords:

distribusi, pemantauan distribusi, website, prototype, use acceptance test (UAT)

Abstract

Aplikasi pemantauan distribusi air minum dalam kemasan merupakan kegiatan yang melakukan proses pengelolaan data distribusi yang memiliki fungsi atau peran dalam menyelesaikan permasalahan seputar pencatatan, perhitungan, pembuatan laporan pendistribusian air minum dalam kemasan. Saat ini pendistribusian air minum dalam kemasan pada CV. Sentosa Abadi Sekadau kerap ditemukan adanya permasalahan, seperti belum adanya teknologi informasi pendukung untuk melakukan proses pencatatan, perhitungan serta penyimpanan data-data terkait pendistribusian, proses mengelola order, pencatatan produksi, pencatatan produk  yang masih dikerjakan secara konvensional sehingga kerap terjadinya salah perhitungan maupun kehilangan data. Hal ini berdampak dalam pengelolaan pendistribusian air minum dalam kemasan menjadi tidak efektif dan efisien. Oleh karena itu, diperlukan sebuah teknologi informasi yang mampu untuk mewujudkan proses pemantauan distribusi menjadi lebih akurat dan optimal. Sistem yang dirancang ini menggunakan metode SDLC dengan pendekatan model Prototype  dengan perancangan sistem menggunakan  pemodelan Unified Modelling Language (UML). Hasil pengujian Black Box Testing dan User Acceptance Test (UAT) yang dilakukan menunjukan hasil positif bahwa proses yang ditampilkan telah sesuai harapan dan aplikasi berjalan dengan baik pada saat diuji dengan pengujian Black Box Testing dan diperoleh nilai dari pengujian User Acceptance Test (UAT) dari hasil kuesioner menggunakan Google Form dengan perhitungan Skala Likert kepada pengguna dengan keseluruhan nilai persentase 92% dengan hasil pengujian tersebut dapat dikatakan sangat setuju. Total responden yang mengisi kuesioner pengujian User Acceptance Test (UAT) berjumlah 11 responden. Berdasarkan dari hasil pengujian yang telah dilakukan pada pengguna bahwa aplikasi yang dibangun layak untuk diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminudin. (2015). Cara Efektif Belajar Framework Laravel. Yogyakarta: Lokomedia.

Dorothy, L., Satoto, K. I., & Nurhayati, O. D. (2013). Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan Di Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Undip. Kinabalu.

Driantoro, R. (2019). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) (Studi Kasus Pt. Cahaya Bumi Intanpari). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Himawan, F., Ripanti, E. F., & Mutiah, N. (2021). Desain Jaringan Distribusi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) Menggunakan Metode Distribution Requirement Planning. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (Jepin).

Kustina, K. T., Nurhayati, Pratiwi, E., Hertati, L., Qodari, A., Nurhayati, A., Jaya, A., Et Al. (2022). Sistem Informasi Manajemen: Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Laravel. (2024). Release Notes. laravel.com. Retrieved February 20, 2024, from https://laravel.com/docs/10.x/releases

Marthasari, G. I., Garside, A. K., Syafa’ah, L., & Rahima, M. (2019). Analisis Dan Perancangan Sistem Manajemen Penjualan Dan Distribusi Air Minum Dalam Kemasan Pada Perusahaan Xyz. Seminar Nasional Teknologi Dan Rekayasa (Sentra) 2019.

Maulana, C. A., Riza, Y. S., & Asrin, F. (2023). Aplikasi Berbasis Web untuk Manajemen Ruangan, Presensi, dan Notulensi Rapat Pada Bappeda Kota Pontianak. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika

Prabowo, M. (2018). Belajar Cepat Laravel Membuat Aplikasi Penjualan. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (N.D.). Software Engineering A Practitioner’s Approach. New York: Mcgraw-Hill Education

Rahmawati, E. I., & Sari, E. K. M. (2018). Sistem Informasi Pendistribusian Air Mineral Pt Oasis Waters International Palembang Menggunakan Metode Prototype. Politeknik Palcomtech.

Ramadhan, R. F., & Mukhaiyar, R. (2020). Penggunan Database Mysql dengan Interface PhpMyAdmin sebagai Pengontrolan Smarthome Berbasis Rasberry Pi. Jurnal Teknik Elektro Indonesia (JTEIN).

Risawandi. (2019). Mudah Menguasai Php & Mysql. Unimal Press. Aceh: Unimal Press.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika

Supriatna, R. (2018). Implementasi Dan User Acceptnace Test ( Uat) Terhadap Aplikasi E-Learning. Journal Of Chemical Information And Modeling.Bandung.

Yanuarti, E. (2017). Prototipe Sistem Seleksi Penerimaan Pegawai Tugas Belajar. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (Jepin).

Yudhanti, D. A., Ripanti, E. F., & Perwitasari, A. (2019). Knowledge Management System Konservasi Hutan Tanaman Mangrove. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (Jepin).

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Jaya, T. K., Ripanti , E. F., & Asrin , F. (2024). Aplikasi Pemantauan Distribusi Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Berbasis Website (Studi Kasus: CV. Sentosa Abadi). Jurnal Informatika Polinema, 10(3), 429–436. https://doi.org/10.33795/jip.v10i3.5117