Design Thinking: Pengembangan Prototype Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Web

Authors

  • Pradita Maulidya Effendi Universitas Dinamika
  • Yudha Herlambang Cahya Pratama Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Mohammad Al Hafidz Universitas Hayam Wuruk Perbanas

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v10i3.5176

Keywords:

ui/ux, design thinking, prototype, aplikasi evaluasi pembelajaran

Abstract

Desain UI/UX menjadi tahapan penting untuk mengidentifikasi kenyamanan dan kemudahan pengguna ketika akan menggunakan sebuah sistem. Desain antarmuka sistem yang menarik dan sesuai dengan preferensi pengguna dapat meningkatkan keberlanjutan penggunaan sistem. Saat ini, semakin banyak sistem yang dibuat hanya melibatkan fungsional tanpa mempertimbangkan kemudahan dan kenyamanan pengguna, seperti halnya pada aplikasi evaluasi pembelajaran di perguruan tinggi. Aplikasi dengan navigasi yang rumit dan tata letak tidak beraturan membuat pengguna enggan untuk mengeksplorasi lebih dalam kaitannya dengan fitur-fitur pada aplikasi. Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas saat ini masih mengandalkan Ms.Excel dalam mencatat hasil evaluasi pembelajaran, dimana hal tersebut mengakibatkan terbatasnya akses secara real-time terhadap semua stakeholder. Namun, agar aplikasi evaluasi pembelajaran dapat digunakan secara keberlanjutan, maka pada penelitian ini dibuatlah sebuah prototipe aplikasi evaluasi pembelajaran di perguruan tinggi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan perguruan tinggi. Pembuatan prototipe ini menggunakan pendekatan design thinking dengan lima tahapan, yakni empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pendekatan ini melibatkan wawancara mendalam terhadap Ketua Program Studi, Dosen, dan Mahasiswa, dimana ketiga peran ini merupakan user persona yang digunakan pada penelitian. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengguna dan desain wireframe yang telah dibuat, dihasilkan 10 (sepuluh) prototipe yang terdiri atas fitur login, dashboard, master data, kelola akun, bank soal, laporan evaluasi, leaderboard, hasil CPL, dan logout/session. Prototipe tersebut selanjutnya diuji menggunakan metode usability testing, yang menunjukkan hasil peningkatan pada aspek efektifitas meningkat 9,34%, efisiensi meningkat 14,25%, dan kepuasan pengguna meningkat 17,21%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina Churil ‘Aeni, Fandy Setyo Utomo. 2024. “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Pembelajaran Online Menggunakan Design Thinking.” Journal of Informatics and Interactive Technology Volume 01 (01): 58–67.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Ayub, Ahmad Fauzi Mohd, Rohani Ahmad Tarmizi, Wan Marzuki Wan Jaafar, Wan Zah Wan Ali, and Wong Su Luan. 2010. “Factors Influencing Students ’ Use a Learning Management System Portal : Perspective from Higher Education Students.” International Journal of Education and Information Technologies 4 (2): 100–108. http://www.naun.org/main/NAUN/educationinformation/19-320.pdf.

Bila, Dea Salsa, and Dwi Rosa Indah. 2023. “Perancangan Ulang UI-UX Desain Website BKKBN Provinsi Sumatera Selatan Dengan Metode Design Thinking.” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer 3 (6): 746–53. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.870.

Dandi Saputra, Rafiati Kania. 2022. “Designing User Interface of a Mobile Learning Application by Using a Design Thinking Approach : A Case Study on UNI Couse.” Journal of Marketing Innovation (2) (2022) 102-119, no. 2: 102–19.

Diana Nur Yastin, Hendra Bayu Suseno, and Viva Arifin. 2020. “Evaluasi Dan Perbaikan Desain User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Pada Aplikasi Mobile Siaran Tangsel Menggunaka Metode GDD.” Jurnal Teknik Informatika 13 Nomor 2 (2): 157–70.

Fauziah, M. et al. 2020. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Berbasis Pendekatan Kolaboratif Dan Kekeluargaan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru’, Tadbir Muwahhid” 4 (2): 117. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.2879.

Hafidz, MA., and PM. Effendi. 2023. “Aplikasi Penentuan Kebutuhan Pelatihan Berbasis Kompetensi Untuk Peningkatan Kinerja Staf Analis Laboratorium.” Journal Teknika 12 (2): 129–37. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i2.622.

Hajizah, Arsi. 2024. “Penerapan User Experience Dalam Permodelan Sistem Informasi Keuangan.” Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science 2 (1): 1–11. https://ejournal.techcart-press.com/index.php/itsecs/article/view/88.

Ilham, Hananda, Bangun Wijayanto, Swahesti Puspita Rahayu, Fakultas Teknik, and Universitas Jenderal Soedirman. 2021. “Analysis And Design of User Interface / User Experience With The Design Thinking Method In The Academic Information System Of Jenderal Soedirman University.” Jurnal Teknik Informatika (JUTIF) 2 (1): 17–26.

Izza, A.Z., Falah, M. and Susilawati, S. 2020. “Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar.” Konferensi Ilmiah Pendidikan.

Kurniawan, Roni, and Anggi Sekar Sari. 2021. “Pengembangan E-Jobsheet Patiseri Melalui Aplikasi Sigil Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa” 07 (02): 161–71. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/keluarga/index.

Puspita, Ayu, Indah Sari, Muhammad Iqbal Ramdhani, Haris Oktariansyah, Dinda Novita, Program Studi, Pendidikan Bahasa, et al. 2024. “Pengembangan UI / UX Aplikasi Kamus Palembang-Indonesia Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking UI / UX Development of Mobile-Based Palembang-Indonesia Dictionary.” Jurnal Sistemasi 13: 283–90.

Rosyad, Fatkhur, Djoko Pramono, and Komang Candra Brata. 2020. “Analisis Dan Perbaikan Usability Pada Aplikasi Ker Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS).” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 4 (7): 2261–68.

Samudra, Yuda. 2023. “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Sistem CRM , Cash Flow , Dan Management Stock Inventory Pada Aplikasi Krealogi.” Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan 1 (5): 1283–96.

Sidik, Firman Asharudin; Supriatin; Nur’aini; Abdul Djafar. 2023. “Penerapan Design Thinking Dalam Perancangan User Interface Website Smarteye Virtual Convention Center.” Indonesian Journal of Computer Science 12 (1): 274–82.

Sopwandin, I. 2021. Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi. 1st ed. Bogor: Gue Media Group.

Sutopo, Annisa Rachman; Joko. 2023. “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Ui/Ux: Tinjauan Literatur.” Jurnal Semantik 9 (2): 139–48.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Maulidya Effendi, P., Herlambang Cahya Pratama, Y., & Hafidz, M. A. (2024). Design Thinking: Pengembangan Prototype Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Web. Jurnal Informatika Polinema, 10(3), 413–420. https://doi.org/10.33795/jip.v10i3.5176