Pengembangan Modul Pembelajaran ERD Interaktif pada SQLearn

Authors

  • Annisa Taufika Firdausi Politeknik Negeri Malang
  • Putra Prima Arhandi Politeknik Negeri Malang
  • Farid Angga Pribadi Politeknik Negeri Malang
  • Retno Damayanti Politeknik Negeri Malang
  • Abdulloh Aqil Politeknik Negeri Malang

Keywords:

ERD, Relationship, ERD Reconstruction

Abstract

ERD (Entity Relationship Diagram) adalah diagram yang digunakan untuk menggambarkan entitas, atribut, dan hubungan antar entitas dalam sebuah sistem. Salah satu komponen penting dalam ERD adalah relasi, yang menunjukkan hubungan antara entitas. Penting bagi mahasiswa untuk memahami relasi ini agar dapat bersaing di dunia industri. Namun, dalam proses pembelajaran, mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam mengkonversi informasi yang diperoleh menjadi ERD yang benar, terutama dalam pemetaan relasi antar entitas yang akurat. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu mahasiswa memahami konsep relasi dalam ERD. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan pendekatan ERD Reconstruction sebagai metode pembelajaran relasi ERD. Melalui pendekatan ini, mahasiswa diberikan pertanyaan dalam bentuk teks dan diminta untuk menyusun kembali hasil atau output dari rangkaian ERD yang telah dibuat sebelumnya oleh pengajar. Untuk menguji dampak penggunaan pendekatan ini, dilakukan pengujian terhadap 21 partisipan. Pengujian melibatkan mid-test dan post-test yang diberikan kepada partisipan. Hasil mid-test menunjukkan nilai rata-rata sebesar 43,74, sedangkan nilai post-test adalah 41,23. Secara deskriptif, terdapat penurunan nilai rata-rata dari mid-test ke post-test sebesar 2,51. Delapan mahasiswa mengalami penurunan nilai, sedangkan empat mahasiswa mengalami peningkatan. Analisis statistik menggunakan ANOVA Single Factor dilakukan terhadap penurunan nilai tersebut, dengan hasil signifikansi sebesar 0,427978 untuk perbandingan mid-test ke post-test. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibuat masih belum dapat meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan oleh karena itu diperlukan penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan sistem ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. M., Widjaja, A. E., & Haryani, C. A. (2021). Aplikasi Mrketplace Berbasis Webiste Untuk Pencarian Jasa Musisi. Fakultas Ilmu Komputer Unversitas Pelita Harapan, 6.

An, X., & Qu, C. (2020). Blending Teaching Mode for Computer Courses in the Background of Emerging Engineering Education: A Case Study of Principle and Application of Database. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(12), 271. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i12.14867

Elfaki, A., Aljaedi, A., & Duan, Y. (2019). Mapping ERD to Knowledge Graph. 2019 IEEE World Congress on Services (SERVICES), 110–114. https://doi.org/10.1109/SERVICES.2019.00038

Hamtini, T. M. (2011). An Adaptive e-Learning Hypermedia System for Teaching Entity-Relationship Diagrams: A Case Study.

Hussain, T. (2016). Teaching Entity-Relationship Models Effectively. 2016 International Conference on Computational Science and Computational Intelligence (CSCI), 264–269. https://doi.org/10.1109/CSCI.2016.0058

Khoulah, A., Zaimah, F. A., & Azaroby, D. A. (2022). AnalisisTeknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review.pdf. 3.

Leblebici, O., Kardas, G., & Tuglular, T. (2022). A Domain-Specific Language for the Document-Based Model-Driven Engineering of Business Applications. IEEE Access, 10, 104093–104110. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2022.3210530

Li, G., Yuan, C., Kamarthi, S., Moghaddam, M., & Jin, X. (2021). Data science skills and domain knowledge requirements in the manufacturing industry: A gap analysis. Journal of Manufacturing Systems, 60, 692–706. https://doi.org/10.1016/j.jmsy.2021.07.007

Mahajan, D., Blakeney, C., & Zong, Z. (2019). Improving the energy efficiency of relational and NoSQL databases via query optimizations. Sustainable Computing: Informatics and Systems, 22, 120–133. https://doi.org/10.1016/j.suscom.2019.01.017

Moss, K. (2010). DataBase teaching tools. IEEE EDUCON 2010 Conference, 1881–1890. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2010.5492432

Rosenthal, K., Strecker, S., & Snoeck, M. (2022). Modeling difficulties in creating conceptual data models: Multimodal studies on individual modeling processes. Software and Systems Modeling. https://doi.org/10.1007/s10270-022-01051-8

Schildgen, J. (2020). MonstER Park—The Entity-Relationship-Diagram Learning Game. ER Forum/Posters/Demos.

Shin, S.-S. (2020). Structured Query Language Learning: Concept Map-Based Instruction Based on Cognitive Load Theory. IEEE Access, 8, 100095–100110. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2997934

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Firdausi, A. T., Arhandi, P. P., Pribadi, F. A., Damayanti, R., & Aqil, A. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran ERD Interaktif pada SQLearn. Jurnal Informatika Polinema, 10(4), 471–478. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jip/article/view/5199