Penerapan Prinsip Design Thinking pada UI/UX Aplikasi Mobile Renas Fashion
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v10i4.5232Keywords:
Penerapan, UI/UX, Design Thinking, Prototype, Aplikasi Mobile, FigmaAbstract
Perkembangan teknologi telah mengubah pola bisnis secara dramatis, tidak terkecuali dalam industri fashion. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti Renas Fashion di Citeureup, Kabupaten Bogor, kini berupaya menyesuaikan diri dengan arus digital yang tengah bergulir. Dalam rangka menghadapi tantangan ini, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional Renas Fashion melalui pengembangan aplikasi mobile yang inovatif. Melalui penerapan metode Design Thinking, penelitian ini berhasil mengidentifikasi permasalahan utama Renas Fashion, yaitu proses pemesanan dan pembayaran yang masih konvensional offline. Penelitian bertujuan meningkatkan penjualan dan eksistensi toko dengan pendekatan modern, serta memberikan kemudahan kepada konsumen dalam memesan baju secara online. Tahapan penelitian meliputi identifikasi pengguna, analisis kebutuhan, prototyping, pengujian, serta penyimpulan dan saran perbaikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas operasional Renas Fashion dan memberikan pengalaman belanja lebih memuaskan bagi konsumen. Dengan demikian, harapannya entitas bisnis tersebut dapat mengembangkan jangkauan pasar dan meningkatkan kompetitivitas di era digital. Kesimpulannya, penelitian ini diharapkan memberikan panduan berharga bagi UMKM lainnya berupaya beradaptasi dengan tren digital dalam industri fashion.
Downloads
References
Ardiansyah, M. F., & Rosyani, P. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), 839–853. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193
Ariska, D., & Nurlela, S. (2022). Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Infortech, 4(2), 86–91.
Asharudin, F., Supriatin, S., Nur’aini, & Sidik, A. D. (2023). Penerapan Design Thinking Dalam Perancangan User Interface Website Smarteye Virtual Convention Center. Indonesian Journal of Computer Science, 12(1), 274–282. https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i1.3158
Aziza, R. F. A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Menggunakan User Persona Dan User Journey. Information System Journal, 3(2), 6–10. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2020v3i2.420
Churil, A., & Setyo Utomo, F. (2024). Online Deagle Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Informatics and Interactive Technology, 1(01), 1–10. https://doi.org/10.33395/sinkron.xxx.xxx
Effendi, P. M., Herlambang, Y., Pratama, C., Hafidz, M. Al, Informasi, S., Teknik, F., Hayam, U., & Perbanas, W. (2024). Design Thinking : Pengembangan Prototype Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Web. Hajizah, 413–420.
Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730
Ilham Firman Ashari, & Rahmat Rizky Muharram. (2022). Pengembangan Antarmuka Pengguna Kolepa Mobile App Menggunakan Metode Design Thinking Dan System Usability Scale. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 9(2), 168–176. https://doi.org/10.30656/jsii.v9i2.4993
Irwansyah, M. A., Novriando, H., & Apriandi, R. (2021). Analisis User Experience Aplikasi Bujang Kurir Menggunakan Google Analytics(GA). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 7(1), 64. https://doi.org/10.26418/jp.v7i1.43588
Isadora, F. R., Hanggara, B. T., & Mursityo, Y. T. (2021). Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5), 1057–1066. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021844550
Jamilah, R. S., & Pasha, D. (2024). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Perancangan UI/UX Smart Aset dan Infrastruktur Jaringan Universitas Teknokrat Indonesia: Pendekatan Human Centered Design. Media Online, 4(5), 2616–2627. https://doi.org/10.30865/klik.v4i5.1807
Jamun, Y. M., Ntelok, Z. R. E., & Ngalu, R. (2023). Pentingnya Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2149–2158. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.559
Krismanda, T. D., & Setiyawati, N. (2022). Perancangan User Interface Dan User Experience Fitur Digital Banking Jago Last Wish Menggunakan Design Thinking. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 126–135. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i2.561
Putra, I. M., & Indah, D. R. (2023). Implementasi Metode Design Thinking Dalam Aplikasi Giwang Sumsel. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 688–697. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.872
Putra, L. D., Primajaya, A., & Prihandani, K. (2022). Penerapan Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Pembelajaran Online Untuk Mengurangi Dampak Technostress. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 5(2), 125–130. https://doi.org/10.31539/intecoms.v5i2.3920
Ratna Nur Fadilah, & Dhian Sweetania. (2023). Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Teknik, 2(2), 132–146. https://doi.org/10.56127/juit.v2i2.826
Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi HapSari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Cl. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55.
Soedewi, S. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(02), 17. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.5378
Yohnes Madawara, H., Fiodinggo Tanaem, P., & Hosanna Bangkalang, D. (2022). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm MultifungsiMenggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 111–125.