Redesign UI UX Aplikasi Info BMKG Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Ahmad Alfis Syifa' Universitas Semarang
  • Eka Putri Rachmawati Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v11i2.6702

Keywords:

E-Government, user interface, Redesign, UI/UX, Design Thinking

Abstract

E-Government merupakan sebuah istilah untuk layanan publik dari pemerintah yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Dalam E-Government, pemerintah bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat atas permintaan dan kebutuhan masyarakat untuk pelayanan yang cepat dan informasi yang akurat. Salah satu lembaga pemerintahan yang telah menerapkan E-Government adalah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). BMKG telah meluncurkan aplikasi bernama Info BMKG untuk memudahkan akses informasi mengenai cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Namun, dalam penggunaannya aplikasi ini mendapatkan banyak keluhan penggunanya dari segi tampilan user interface maupun ketidakakuratan informasi, baik yang disampaikan dalam ulasan aplikasi di Play Store maupun secara langsung melalui wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain aplikasi Info BMKG dengan usabillity yang baik, memiliki kemudahan navigasi, dan kejelasan informasi. Dengan menggunakan metode Design Thinking diharapkan user interface Info BMKG dapat mengalami perbaikan signifikan, terutama dalam hal konsistensi desain, dan kejelasan informasi. Pengujian penelitian ini menggunakan metode System Usability Scale. Hasil pengujian SUS didapatkan nilai sebesar 77,5 dan diterima oleh para pengguna. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa redesign UI/UX aplikasi Info BMKG dengan metode Design Thinking menjadi solusi untuk menghasilkan desain user interface yang mudah digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhiya Adha, I., Voutama, A., & Ali Ridha, A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Ogan Lopian DISKOMINFO Purwakarta Menggunakan Metode Design Thiking. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(1), 55–70.

Alamsyah, R., Maruf Nugroho, I., & Alam, S. (2022). Redesign User Interface Dan User Experience Aplikasi Wastu Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. In Syariful Alam Jurnal Ilmiah Betrik (Vol. 13, Issue 02).

APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa dan Internet Indonesia). (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024.

Buana Ayu, T., & Wijaya, N. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Prototype Aplikasi Payorprint Berbasis Android. MDP Student Conference, 2, 68–75. https://www.payoprint.id/.

Fauzansyah, A. (2024). Re-Design UI/UX Aplikasi PNM Digi Karyawan Dengan Metode Design Thinking Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengalaman Pengguna. Jurnal Vokasi Indonesia, 11(2). https://doi.org/10.7454/jvi.v11i2.1207

Febrika, F., Suarli, P. P., Oktadini, N. R., Meiriza, A., Sevtiyuni, E., Ruskan, E. L., & Kurniawan, D. (2023). Perancangan UI/UX Fitur Asrama Mahasiswa Berbasis Website dengan Pendekatan User Centered Design. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 10(3), 704–714. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i3.6154

Ferdiansyah, I., Defriani, M., & Nugroho, I. M. (2023). Redesign Aplikasi KAI Acces Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika Dan Komputer (INFOKOM), 11, 34–45. http://journal.piksi.ac.id/index.php/INFOKOM

Halomoan, R. I. (2022). Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Menggunakan Usability Evaluation Methods Dan Goal-Derected Design (Studi Kasus: InfoBMKG). In (Bachelor’s thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112.

Putra, W., Affandes, M., Vitriani, Y., & Iskandar, I. (2022). Analisa dan Desain Kembali Aplikasi Galeri Lembaga Adat Melayu Riau Menggunakan Metode Design Thinking. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 1883–1892. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i6.5306

Putri Haryanto, G. D., & Voutama, A. (2023). Perancangan UI/UX Sistem Informasi Penyewaan Mobil Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking. JOUTICA, 8, 23–30.

Rozikin Herawan, A., Rokhmawati, R. I., & Akbar, M. A. (2023). Analisis dan Perancangan Ulang Desain UI & UX pada Aplikasi iPusnas dengan Penerapan Elemen Gamifikasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 2767–2776. http://j-ptiik.ub.ac.id

Sintia, P., & Supratman, E. (2023). Desain UI/UX Pengelolaan Sampah Sebagai Media Pembayaran SPP Taman Kanak-Kanak Menggunakan Metode Design Thinking. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(2), 193–203.

Suhaili, M., Yurmama, T. F., Putri, V. I. L., & Nurrahmi, H. (2022). Perancangan Tampilan UI/UX Pada Aplikasi Novel Komik (Nomik). JoMMiT: Jurnal Multi Media Dan IT, 6, 23–28. https://doi.org/10.46961/jommit.v6i1

Wardani, I. K., Utomo, P., Budiman, A., & Amadi, D. N. (2023). Pemanfaatan Metode Design Thinking dan Pengujian SUS untuk UI/UX Aplikasi Home Care Madiun Berbasis Android. Journal of Computer and Information Systems Ampera, 4(2), 106–125. https://doi.org/10.51519/journalcisa.v4i2.399

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Ahmad Alfis Syifa’, & Eka Putri Rachmawati. (2025). Redesign UI UX Aplikasi Info BMKG Menggunakan Metode Design Thinking . Jurnal Informatika Polinema, 11(2), 137–146. https://doi.org/10.33795/jip.v11i2.6702