Analisis Wacana Penerapan Internet Of Things di Lingkungan Kampus Dengan Metode Critical Discourse Analysis

Authors

  • Ahmad Fauzi Politeknik Negeri Malang
  • Sulhan Politeknik Unisma Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jip.v11i2.6856

Keywords:

internet of things (IoT), kampus cerdas (Smart Campus), critical discourse analysis (CDA), efisiensi operasional, keberlanjutan lingkungan

Abstract

Penelitian ini menganalisis penerapan Internet of Things (IoT) di lingkungan kampus dengan menggunakan pendekatan Critical Discourse Analysis (CDA). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi peluang, tantangan, dan implikasi potensial dari adopsi IoT dalam menciptakan kampus cerdas (smart campus). Dengan menganalisis kebijakan terkait IoT, wawancara dengan mahasiswa, dosen, dan staf kampus, serta observasi terhadap infrastruktur kampus, penelitian ini mengungkapkan tiga kategori utama: peluang, tantangan, dan implikasi potensial. Peluang yang ditemukan mencakup efisiensi operasional dalam pengelolaan ruang kelas dan laboratorium, peningkatan pengalaman belajar mahasiswa, dan kontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan melalui sistem hemat energi berbasis IoT. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan infrastruktur kampus, kekhawatiran mengenai privasi data, dan kendala anggaran. Sedangkan implikasi potensial mencakup kesenjangan akses teknologi bagi mahasiswa dari latar belakang ekonomi kurang mampu, serta kebutuhan akan kebijakan inklusif dan pelatihan staf untuk mendukung penerapan IoT secara efektif. Penelitian ini menyarankan langkah-langkah strategis untuk memperkuat infrastruktur jaringan, kebijakan perlindungan data, dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam perencanaan dan implementasi IoT di kampus. Dengan demikian, penerapan IoT di kampus tidak hanya membutuhkan teknologi yang canggih, tetapi juga pendekatan yang holistik, inklusif, dan berorientasi pada kebutuhan semua pihak. Upaya kolaboratif antara manajemen kampus, mahasiswa, dosen, dan staf menjadi kunci dalam memastikan IoT dapat membawa manfaat maksimal sekaligus mengatasi tantangan yang ada. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi institusi pendidikan tinggi dalam merancang kebijakan dan strategi adopsi IoT yang berkelanjutan dan inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amien, J. Al, Fuad, E., & Azizi, M. W. (2018). Otomasi sistem kelistrikan menggunakan algoritma a-star berbasis internet of things. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 130–140. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v9i2.1952

Cavus, N., Mrwebi, S. E., Ibrahim, I., Modupeola, T., & Reeves, A. Y. (2022). Internet of Things and Its Applications to Smart Campus: A Systematic Literature Review. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 16(23), 17–35. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i23.36215

F. M. Ayiliani, & E. Farida. (2024). Urgensi Pembentukan Lembaga Pengawas Data Pribadi sebagai Upaya Pelindungan Hukum terhadap Transfer Data Pribadi Lintas Negara. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 6, 431–455.

Faritha Banu, J., R, R., M, S., & N R, G. M. (2020). IoT based Cloud Integrated Smart Classroom for smart and a sustainable Campus. Procedia Computer Science, 172, 77–81. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.012

Fernández-Caramés, T. M., & Fraga-Lamas, P. (2019). Towards Next Generation Teaching, Learning, and Context-Aware Applications for Higher Education: A Review on Blockchain, IoT, Fog and Edge Computing Enabled Smart Campuses and Universities. Applied Sciences, 9(21), 4479. https://doi.org/10.3390/app9214479

Fitriana, R., & Hidayani, S. (2024). Critical Discourse Analysis Using Norman Fairclough Model on MediaIndonesia.com Merdeka Belajar Episode 26. English Education, Linguistics, and Literature Journal, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.32678/ell.v3i1.10152

George Mwangi, C. A., Latafat, S., Hammond, S., Kommers, S., S. Thoma, H., Berger, J., & Blanco-Ramirez, G. (2018). Criticality in international higher education research: a critical discourse analysis of higher education journals. Higher Education, 76(6), 1091–1107. https://doi.org/10.1007/s10734-018-0259-9

Madyatmadja, E. D., Yulia, T. R., Sembiring, D. J. M., & Angin, S. M. B. P. (2021). IoT Usage On Smart Campus: A Systematic Literature Review. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, 11(5), 45–52. https://doi.org/10.46338/ijetae0521_06

Martins, P., Lopes, S. I., Rosado da Cruz, A. M., & Curado, A. (2021). Towards a Smart & Sustainable Campus: An Application-Oriented Architecture to Streamline Digitization and Strengthen Sustainability in Academia. Sustainability, 13(6), 3189. https://doi.org/10.3390/su13063189

Mendoza, P., & Lisa, D. (2020). The neoliberal discourse in Latin American higher education: A call for national development and tighter government control. Education Policy Analysis Archives, 28, 176. https://doi.org/10.14507/epaa.28.5610

Mircea, M., Stoica, M., & Ghilic-Micu, B. (2021). Investigating the Impact of the Internet of Things in Higher Education Environment. IEEE Access, 9, 33396–33409. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3060964

Rahmah, F., Hidayanti, F., & Innah, M. (2019). Penerapan Smart Sensor untuk Kendali pH dan Level Larutan Nutrisi pada Sistem Hidroponik Tanaman Pakcoy. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 527–534. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019651738

Septiliana, L., Shaleh, S., & Hidayati, F. H. (2024). Landasan Etika Mahasiswa Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 147–158. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.7483

Setifani, N. A., Rolliawati, D., & Wahyudi, N. (2022). Analisis Pengaruh Digital Divide Terhadap User Satisfaction dan Individual Performance pada Pengguna Sistem Informasi Akademik. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 12(1), 45–56. https://doi.org/10.21456/vol12iss1pp45-56

Valks, B., Arkesteijn, M. H., Koutamanis, A., & den Heijer, A. C. (2021). Towards a smart campus: supporting campus decisions with Internet of Things applications. Building Research & Information, 49(1), 1–20. https://doi.org/10.1080/09613218.2020.1784702

Yusuf, N. K. (2024). Social Media Discourse Analysis on Work Skills. Education and Linguistics Research, 10(1), 47. https://doi.org/10.5296/elr.v10i1.22007

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Ahmad Fauzi, & Sulhan, M. (2025). Analisis Wacana Penerapan Internet Of Things di Lingkungan Kampus Dengan Metode Critical Discourse Analysis . Jurnal Informatika Polinema, 11(2), 155–162. https://doi.org/10.33795/jip.v11i2.6856