Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Pik Store
DOI:
https://doi.org/10.33795/jip.v11i2.6860Keywords:
Apriori, Pola Pembelian, Pik StoreAbstract
Peningkatan laju pertumbuhan konsumen dirasa dapat dimanfaatkan oleh Pik Store untuk semakin berkembang dengan jajaran produk rekomendasi. Data dari bulan Maret hingga Juni 2023 menunjukkan banyak data transaksi yang diperoleh sebanyak 2016 data. Ruang lingkup penelitian ini adalah penerapan apriori dapat memberikan rekomendasi tata letak produk agar dapat diimplementasikan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pola pembelian konsumen dalam menemukan kombinasi item produk yang sering dibeli secara bersamaan menggunakan dengan metode asosiasi serta memberikan rekomendasi tata letak paket item produk berdasarkan pola pembelian yang diidentifikasi untuk meningkatkan penjualan di toko Pik Store. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data dan penerapan algoritma Apriori untuk training dan validasi. Hasil dari penelitian ini adalah algoritma yang dapat merekomendasikan tata letak produk pada toko Pik Store. Tingkat confidence tertinggi yang didapat adalah 86% dengan rata – rata 61% dimana penulis mengatur nilai minimal support 7%. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model dengan tingkat confidence yang lebih tinggi dengan menerapkan metode yang lebih baik.
Downloads
References
Ade Irma Amanda, S. M. A., Debi Setiawan, & Liza Trisnawati. (2023). Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menganalisis Pola Minat Beli Konsumen Di Coffee Shop. JEKIN - Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.58794/jekin.v3i1.483
Afandi, R., Martiansyah, R., Sari, L. M., Intan, S. F., & Pulungan, J. (2022). Application of the Apriori Algorithm to Determine the Pattern of Transactions for Purchasing Drinks and Food at Coffe Gubuk Penerapan Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Transaksi Pembelian Minuman dan Makanan di Coffe Gubuk. 1(2), 111–118.
Aji, A. S., & Sulianta, F. (2024). Mining Data Perilaku Belanja Online Konsumer Menggunakan Algoritma Apriori untuk Menghasilkan Aturan Asosiasi Sebagai Dasar Menentukan Aksi Bisnis pada Web E-Commerce. March.
Ashari, I. A., Wirasto, A., Nugroho Triwibowo, D., & Purwono, P. (2022). Implementasi Market Basket Analysis dengan Algoritma Apriori untuk Analisis Pendapatan Usaha Retail. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(3), 701–709. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i3.1439
Aziz, S. (2024). Efektivitas Metode Pembelajaran E-Learning Menggunakan Meta Analisis Metode Pico Implikasi Untuk Pendidikan Di Era Digital. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39781/1/Shahibul Aziz%2C 190705047%2C FST%2C TI.pdf
Cahya, P. D., & Hutagalung, D. D. (2023). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Produk Sembako Berbasis Web ( Studi Kasus : Warung Abah Murdika ). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(6), 1465–1469. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2460
Danta, N. K., & Hijrah, L. (2024). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINISO DI KOTA SAMARINDA. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING/article/view/13147
Erfina, A., Melawati, & Destria Arianti, N. (2020). Penerapan Metode Data Mining Terhadap Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(3), 14–22. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v2i3.62
Erwansyah, K., Andika, B., & Gunawan, R. (2021). Implementasi Data Mining Menggunakan Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Belanja Produk Pada Toko Avis Mobile. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD), 4(1), 148. https://doi.org/10.53513/jsk.v4i1.2628
Haryandi, P., Widiastiwi, Y., & Chamidah, N. (2021). Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Penjualan Produk Herbal (Studi Kasus: Toko Hanawan Gemilang). Informatik : Jurnal Ilmu Komputer, 17(3), 218. https://doi.org/10.52958/iftk.v17i3.3655
Hofsah, T. P., & Anggoro, T. (2024). Implementasi Data Mining Penjualan menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Toko SRC Aska Musa ). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4, 1999–2014. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/16606/11164
Husain, T. K., & Amran, F. D. (2020). Analisis Pola Pembelian Produk Pada E-Commerce Panenmart. Journal of Food System and Agribusiness, 4(2), 76–82. https://doi.org/10.25181/jofsa.v4i2.1618
Ibnu Haidar. (2021). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mencari Pola Transaksi Penjualan (Studi Kasus: Carroll Kitchen). Jurnal Teknik Informatika Vol 9 No. 2, Oktober 2016, 84.
NI’MAH, S. K. (2022). Analisa Data Mining Menggunakan Market Basket Analysis dengan Metode Association rule untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen pada Toko Sehattentrem …. http://eprints.umpo.ac.id/9886/%0Ahttp://eprints.umpo.ac.id/9886/10/SKRIPSI Full Sylvi Khoirotun Ni%27mah - 18533053.pdf
Oktavia, I. P., Anggreini, N. L., Pip, K., & Bayes, N. (2024). IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES DENGAN METODE KLASIFIKASI DALAM MENENTUKAN SISWA PENERIMA BANTUAN PROGRAM INDONESIA PINTAR ( STUDI KASUS : SMPN 3 CIHAMPELAS ). JATI : Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 8(6), 11152–11158.
Rahim, A., & Haerullah, H. (2021). Perancangan Sistem Informasi Posyandu Pembinaan Puskesmas Trauma Center Loa Janan (Studi Kasus : Posyandu Rajawali). Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 5(1), 73. https://doi.org/10.30872/jurti.v5i1.6071
Ramadani, F. D., Irawan, B., Bahtiar, A., Informatika, T., Apriori, A., & Pembelian, P. (2024). ANALISIS KERANJANG PASAR UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN MENGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. JATI : Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 8(3), 2942–2950. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/9593
Rifa, Y., & Kunci, K. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31–37.
Santoso, M. H. (2021). Application of Association Rule Method Using Apriori Algorithm to Find Sales Patterns Case Study of Indomaret Tanjung Anom. Brilliance: Research of Artificial Intelligence, 1(2), 54–66. https://doi.org/10.47709/brilliance.v1i2.1228
Sari, N. D., & Khoiriah, S. (2022). Penerapan Metode Asosiasi Pada Toko Afifa Dengan Algoritma Apriori. Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.30599/instink.v1i1.1498
Statistik, B. P. (2024). Jumlah Sarana Perdagangan menurut Jenisnya di Kota Samarinda 2020-2022. https://samarindakota.bps.go.id/indicator/105/485/1/jumlah-sarana-perdagangan-menurut-jenisnya-di-kota-samarinda.html
Syahri, M. E., & Yusuf, D. (2023). PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI TERHADAP DATA TRANSAKSI PENJUALAN UNTUK MENENTUKAN PAKET PROMOSI ( STUDI KASUS KEDAI WARUNG JAMBU ). JATI : Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 7(4), 2690–2699.