Main Article Content

Abstract

Proyek pembangunan pengolahan limbah yang bernama The East Java Waste Treatment Facility Construction Project berlokasi di daerah Kabupaten Lamongan dengan total luas lahan konstruksi 312,089 m². Area konstruksi yang sangat luas membuat dan banyaknya item pekerjaan pada proyek membuat perencanaan strategi dan metode pelaksanaan sangat krusial agar tercapat target waktu, biaya dan mutu. Dalam penyusunan project planning dibutuhkan data berupa Spesifikasi Teknis, Gambar Rencana Proyek, Harga Satuan Dasar (Upah, Material, dan Alat) Kabupaten Lamongan 2021. Hasil dari project planning yang telah disusun dapat diketahui bahwa untuk penyusunan Work Breakdown Structure (WBS) terbagi menjadi dua item pekerjaan utama yaitu bangunan sipil dan bangunan gedung (1); Struktur Organisasi yang diterapkan pada proyek menggunakan struktur organisasi tipe murni (2); Site Layout menghasilkan tempat fasilitas penunjang proyek (3); Traffic Management direncanakan menggunakan tiga pintu akses (4); Strategi Metode Pelaksanaan menggunakan zoning dan bottom up (5); Rencana Pengendalian Mutu dan Kualitas disusun terdiri atas Standard Operational Procedure (SOP), Inspection Test and Plan, dan Quality Target berdasarkan spesifikasi teknis (6); Rencana Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (RK3L) disusun terdiri atas Struktur Organisasi, , Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) yang mana dapat menghasilkan zero accident pada proyek (6). Proyek dilaksanakan dengan durasi waktu total 501 Hari Kalender (7), dengan Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) Rp. 150.200.847.719,90 (8).

Keywords

project planning, metode pelaksanaan, penjadwalan proyek

Article Details

References

  1. ] Asiyanto. ”Metode Konstruksi Gedung Bertingkat”. Jakarta: UI-Press, 2006. [2.] Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. “Rencana Kerja Pemerintah Daerah”. Jawa Timur, 2021
  2. ] Chitkara, K K. “Construction Project Management”. New Delhi: McGraw Hill Education, 2014.
  3. ] Husen, A. “Manajemen Proyek”. Yogyakarta: Andi, 2011
  4. ] Ibrahim, Bachtiar. ”Rencana Dan Estimate Real Of Cost”. Jakarta: Bumi Aksara,2001
  5. ] Imtihany, N. “Lamongan Masuk Kawasan Percepatan Ekonomi Nasional”. Jawa Pos, 27 September 2021. https://radarbojonegoro.jawapos.com/read/2021/03/15/247140/lamongan-masuk-kawasanpercepatan ekonomi-nasional (Diakses pada 5 Oktober 2021)