Main Article Content

Abstract

Tunjungan Plaza merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di kota Surabaya yang menyediakan berbagai fasilitas layanan untuk para pengunjung salah satunya yaitu fasilitas parkir dengan sistem tarif tetap. Lokasi mall yang strategis dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat tentu sangat berdampak terhadap tingkat keramaian mall dan ketersediaan lahan parkir yang ada saat ini. Semakin meningkatnya aktivitas masyarakat di pusat perbelanjaan maka akan bertambah pula kebutuhan akan fasilitas layanan parkir. Berdasarkan kondisi eksisting saat ini di area parkir sepeda motor mall Tunjungan Plaza Surabaya, diperoleh suatu kondisi bahwa keadaan parkir sepeda motor mengalami kejenuhan kapasitas sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengunjung, dan diitambah pula dengan kondisi parkir yang berada di luar ruangan (outdoor). Hal ini berdampak dengan ramainya keluhan dari para pengunjung tentang tidak sepadannya fasilitas layanan degan tarif parkir yang diberlakukan saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengoptimalkan kondisi parkir dengan merubah SRP eksisting menjadi SRP yang sesuai ketentuan kemudian menambah fasilitas parkir diikuti dengan beberapa alternatif diantaranya alternatif 1 menaikkan tarif, alternatif 2 tarif progresif. Data yang diperlukan dalam penelitian yaitu data survei parkir kendaraan, kuisioner, denah parkir eksisting, serta biaya operasional parkir. Untuk memperoleh data primer dilakukan pengamatan secara langsung di lapangan mengikuti jam operasional mall. Dari hasil analisis diperoleh nilai turnover sebanyak 2 kendaraan/SRP/hari, pendapatan bersih eksisting sebesar Rp. 2.286.360.000,- dalam setahun. Nilai tarif WTP berdasarkan jenis pekerjaan didapatkan sebesar Rp. 6.014,-. Pada pola parkir sudut 60°, diperoleh kapasitas motor sebanyak 1661 pada kondisi parkir 2 lantai. Pendapatan parkir optimum yaitu terdapat pada alternatif 1 diperoleh Rp. 7.275.180.000,-.

Keywords

optimalisasi, karakteristik parkir, pendapatan parkir.

Article Details

References

  1. T. Alawiyah, “Mall dan Perilaku Konsumtif Masyarakat Urban,” J. Sosiol. Agama Indones., vol. 1, no. 2, pp. 161–181, 2020.
  2. R. Zaenal T, “Analisa Karakteristik dan Kebutuhan Ruang Parkir (Studi Kasus: New Makassar Mall),” PhD Thesis Univ. Hasanuddin, pp. 1–9, 2019, doi: .1037//0033-2909.I26.1.78.
  3. C. P. Sutanto, B. Burhamtoro, and M. Marjono, “Optimalisasi Parkir Terhadap Pendapatan Parkir Di Plaza Surabaya,” J. JOS-MRK, vol. 2, no. 3, pp. 233–238, 2021, doi: 10.55404/jos-mrk.2021.02.03.233-238.
  4. A. C. C. Baswara, B. A. Suryawan, A. K. Indriastuti, and D. Purwanto, “Optimasi Ruang Parkir Shopping Mall Transmart Setiabudi Semarang,” J. Karya Tek. Sipil, vol. 7, no. 3, pp. 55–66, 2018, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/view/21315
  5. Mellyana, Ninta. “Optimasi Parkir Sepeda Motor Terhadap Pendapatan Parkir di Mall Tunjungan Plaza Surabaya,” Politeknik Negeri Malang, 2022.
  6. M. Irsyad, “Perencanaan Sistem Parkir Universitas Muhammadiyah Surabaya,” Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2020. [Online]. Available: http://repository.um-surabaya.ac.id/4107/
  7. S. S. Supatimah, “Optimasi Keuntungan Dengan Metode Branch and Bound Berbantuan Qm For Windows (Studi Kasus Sentral Me Laudry),” Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung, 2019. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/7145/1/Skripsi Full.pdf
  8. S. Anjarwati and J. Juanita, “Analisis Ability to Pay dan Willingness to Pay Penggunaan Parkir di Pasar Banjaran Kabupaten Tegal,” Proc. Ser. Phys. Form. Sci., vol. 1, pp. 227–233, 2021, doi: 10.30595/pspfs.v1i.159.
  9. Direktur Jendral Perhubungan Darat, “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir,” Jakarta, 1996.