Main Article Content

Abstract

Dalam dunia konstruksi, adanya K3 sangat diperlukan. Namun pada kenyataannya masih sering diabaikan sehingga tingkat kecelakaan kerja dalam dunia konstruksi masih sangat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penerapan SMK3L pada proyek, (2) mengetahui kendala yang terjadi dalam penerapan SMK3L, (3) mengetahui usulan solusi dalam menyelesaikan kendala penerapan SMK3. Hasil dari penelitian ini adalah nilai penerapan SMK3L proyek bandara Kediri menurut responden kontraktor adalah 4,627 dan untuk responden konsultan pengawas adalah 4,490. Berdasarkan kedua nilai tersebut, penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan pada proyek bandara Kediri tergolong baik sekali. Untuk kendala yang terjadi yakni masih banyak pekerja yang tidak mengetahui jaminan K3L yang disediakan oleh perusahaan, pola pikir tenaga kerja masih rendah, terjadi peminimalan modal untuk pelaksanaan K3L, para pekerja yang merasa tidak nyaman jika memakai APD saat bekerja, dan perusahaan tidak memberikan pelatihan tentang K3L kepada pekerja. Solusi yang diberikan dalam penelitian ini diantaranya yaitu melakukan berbagai sosialisasi kepada para pekerja mengenai hal-hal yang berhubungan dengan K3L, memberikan pelatihan K3 kepada seluruh tenaga kerja dan tidak melakukan peminimalan modal penerapan K3L.

Keywords

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan, Proyek Bandara, Kuesioner

Article Details

References

  1. Artiani, G. P. “Kajian Penerapan dan Evaluasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada Proyek Peningkatan Kapasitas Landasan Terbang”, Jurnal Kajian Teknik Sipil , 1(3), 39-49. 2018.
  2. Nujhani, J., & Juliantina, I. “Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada Proyek Persiapan Lahan Pusri IIB PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang (Doctoral dissertation, Sriwijaya University)”, Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, vol. 1, no. 1, Des 2013.
  3. Saraswati, Y., Ridwan, A., & Candra, A. I. “Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3L) Pembangunan Gedung Kuliah Bersama Kampus C Unair Surabaya”. J. Manaj. Teknol. Tek. Sipil, 3(2), 247-260. 2020.
  4. Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  5. Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.
  6. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  7. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV