Main Article Content

Abstract

Tujuan dari skripsi ini adalah merancang jaringan pipa air bersih, menyusun metode pelaksanaan pembangunan jaringan pipa air bersih, dan menghitung biaya konstruksi. Data yang dibutuhkan adalah peta topografi, debir air, data penduduk, data fasilitas umum, dan harga satuan upah dan bahan tahun 2021. Data tersebut diolah menggunakan tiga metode, yaitu aritmatika, geometrik, dan eksponensial dengan proyeksi penduduk dihitung selama lima belas tahun ke depan. Dilakukan analisis hidrolika untuk mengetahui debit kebutuhan air, dimensi jaringan pipa transmisi dan distribusi serta menghitung rencana anggaran biaya. Dari hasil perhitungan diperoleh proyeksi penduduk pada tahun 2034 sebanyak 30.822 jiwa, debit kebutuhan air sebesar 50,135 lt/dt, pipa yang digunakan adalah pipa HDPE berdiameter 11 inch, 9 inch, 8 inch, 7 inch, 6 inch, 5 inch, 4 inch, 3 inch.

Keywords

Dimensi Pipa, Jaringan Pipa, Perencanaan, Penduduk,

Article Details

References

  1. Bambang Triatmodjo, 1996, Hidraulika I. Yogyakarta. Beta Offset.
  2. Ditjen Cipta Karya. 1996. Kriteria Perencanaan Ditjen Cipta Karya Dinas PU.
  3. Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat. Buku 4 Panduan Pendampingan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perpipaan Berbasis Masyarakat.
  4. Republik Indonesia, 2017. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tentang Persyaratan Kesehatan Air Yang Digunakan Jaringan Pipa Distribusi Jakarta: Menteri Kesehatan.
  5. Standart Nasional Indonesia (SNI). SNI 7509-2011. Tata Cara Perencanaan teknik Jaringan Distribusi dan Unit Pelayanan Sistem Penyediaan Air Minum. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.