Main Article Content

Abstract

Penelitian ini yang berjudul Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Pada Proyek Konstruksi Daerah JABOBEK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi program keselamatan dan kesehatan kerja, kendala yang dapat dialamai dari sisi perusahaan dan pekerja serta hasil kendala yang dapat dijabarkan menggunakan Job Safety Analysis (JSA). Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada banyak macam proyek konstruksi dan para pekerja proyek di JABOBEK. Dengan hasil penyebaran kuesioner di 8 proyek konstruksi dengan julah 91 responden yang memiliki peran / tugas masing-masing dalam proyek konstruksi tersebut. Hal tersebut sebelum dilakukannya analisis selanjutnya yaitu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas yang bertujuan untuk meyakinkan bahwa kuesioner yang disusun benar dan menghasilkan data yang valid. Analisis data dilakukan dengan menggunakan microsoft excel yang selanjutnya pengolahan data menggunakan hitung mean untuk mengetahui nilai rata-rata dari penyebaran kuesioner tersebut dan standar deviasi untuk mengukur penyimpangan ukuran mean yang mengalami kecenderungavn hasil sama dengan simpangan berbeda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai mean pada program K3 mendapatkan nilai sebesar 4,4093 dan simpangan baku sebesar 0,4979. Penilaian ini menyimpulkan bahwa keamanan tempat bekerja dalam proyek dengan lokasi proyek yang memiliki penerangan dan pencahayaan yang baik sangat penting untuk para pekerja meningkatkan produktivitas dan pengurangan kesalahan kerja. Sedangkan untuk kendala dalam menerapkan K3 nilai mean yang didapat sebesar 2,8883 dan simpangan baku sebesar 0,7364, penilaian ini menyimpulkan bahwa kendala dalam menerapkan K3 terdapat pada sisi pekerja dikarenakan para pekerja terbiasa tidak menggukan APD pada saat bekerja. Hal ini dapat menimbulkan banyak potensi bahaya yang dialami oleh para pekerja, dengan itu menangani perihal tersebut dengan adanya pemeriksaan APD yang akan digunakan sebelum bekerja dan diadakannya briefing mengenai keselamatan kerja.

Keywords

Sistem Manajemen, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Proyek Konstruksi, JABOBEK

Article Details

References

  1. Adi, M. S. ((2021, February).). Peringkat Penyebab Kecelakaan Kerja Pada Proyek Kontruksi Gedung Bertingkat di Sidoarjo. In Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur , (pp. 169-176).
  2. Atmaja, N. ((2020)). ANALISIS PENERAPAN PERLINDUNGAN JAMINAN KETENAGAKERJAAN PADA PEKERJA YANG MENGALAMI KECELAKAAN KERJA DI BANK MUAMALAT (STUDI DI PT BANK MUAMALAT INDONESIA TBK KOTA MALANG). (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
  3. Bilqis, K. S. (2021). Hubungan antara Budaya Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3) dengan perilaku Tidak Aman Pekerja Konstruksi di PT. X Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM), , 3(1), 19-28.
  4. FACHRUDIN RACHMATULLOH, F. R. (2019). ENERAPAN METODE JSA DENGAN PENDEKATAN HIRARC PADA PROSES PEMBUATAN TANGKI ASPALT MIXING PLANT (AMP)(Studi Kasus: PT.
  5. Bahtera Samudra Kontruksi). (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO).
  6. Hadi, M. R. S. (2021). EVALUASI PEKERJAAN TERHADAP WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG RUMAH SAKIT ISLAM UNISMA MALANG MENGGUNAKAN METODE PERT (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
  7. KURNIAWATI, E. ((2018)). KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BANDUNG. (Doctoral dissertation, UAJY). 7. MAHARANI, I. K. Zunaidah, Z., & Yunita, D. (2022). PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEKERJA TAMBANG PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
  8. PANJAITAN, M. (2022). SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG RUMAH SAKIT REGINA MARIS DI KOTA MEDAN .
  9. PRATAMA, A. W. ((2020)). PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI PT. PLN (PERSERO) ULP PRABUMULIH. (Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA).
  10. Priyono, A. F. ((2020)). Analisis Penerapan Sistem Manajemen K3 dan Kelengkapan Fasilitas K3 Pada Proyek Konstruksi Gedung Di Surabaya. Rekayasa Jurnal Teknik Sipil,, 4(2), 11-16.
  11. Radinal, R. &. (2021). PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KONTRAKTOR KONSTRUKSI DI KABUPATEN BUNGO. , Jurnal Komposit, 2(1), 27-35