Main Article Content

Abstract

Jalan Raya Taman-Waru merupakan jalan nasional yang menjadi penghubung antara Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya. Di ruas jalan sepanjang 4,61 km ini terdapat kerusakan pada jalan yang mengurangi kenyamanan pengguna jalan dan mengurangi kondisi jalan. Oleh sebab itu, diperlukan analisis dan penanganan pada kerusakan jalan yang terdapat pada Jalan Raya Taman-Waru sehingga dapat mengembalikan kenyamanan dan kondisi jalan. Data primer yang diperlukan adalah data inventaris jalan dan data kondisi perkerasan jalan. Data sekunder yang diperlukan adalah peta jaringan jalan nasional, dan harga satuan pekerjaan Kabupaten Sidoarjo tahun 2021 yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan untuk menilai jenis dan tingkat kerusakan yaitu metode PCI (Pavement Condition Index). Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis kerusakan jalan berdasarkan metode PCI yaitu rata-rata nilai PCI pada ruas Jalan Raya Taman-Waru jalur Taman-Waru dengan panjang sampel jalan 4 km memiliki nilai 82 dengan penilaian sangat baik. Persentase tingkat kerusakan pada jalan berdasarkan PCI yaitu rendah 65,45%, sedang 23,58%, dan tinggi 10,98% persentase jenis kerusakan retak kulit buaya 21,86%, retak blok 7,69%, retak memanjang/melintang 6,07%, tambalan 49,39%, pengausan agregat 1,22%, lubang 10,12%, alur 0,81%, dan sungkur 2,43%. Nilai PCI tertinggi yaitu 100 dengan kondisi sempurna dan nilai PCI terendah yaitu 22 dengan kondisi sangat buruk. Penanganan yang perlu dilakukan berdasarkan rata-rata nilai PCI yaitu pemeliharaan berkala. Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan pada penanganan kerusakan yaitu sebesar Rp 280.547.100,00.

Keywords

analisis kerusakan jalan; pavement condition index; pemeliharaan jalan

Article Details

References

  1. Kartika, A.F., 2018. Analisa Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Metode PCI Pada Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya Propinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember). [2] Sangadji, San., 2019. Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Perombakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga Dan PCI, Serta Perbaikan Jalan Menggunakan Teknik Overlay (Studi Kasus : Jalan Lingkar Timur, Kec.Buduran, Kab.Sidoarjo). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang. [3] Mulyanto, David Eko., 2019. Pemeliharaan Rutin, Kondisi Jalan Dan Biaya Pemeliharaan Jalan Pada Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Jawa Timur. Masters thesis, Untag 1945 Surabaya.
  2. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2011. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No.13/PRT/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan. Jakarta.
  3. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Direktorat Jenderal Bina Marga. 2018. Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 untuk Pekerjaan Jalan dan Jembatan (General Specifications of Bina Marga 2018 for Road Works and Bridges). (September). [6] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2021. Pedoman Bidang Jalan dan Jembatan No.07/P/BM/2021, Tentang Perencanaan dan Pemrograman Pekerjaan Preservasi Jaringan Jalan. Jakarta.
  4. Shahin, M. Y. 2005. Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots Second Edition. Springer. United States. 573 pp.