Main Article Content

Abstract

Peningkatan fungsi Jalan adalah kegiatan penanganan untuk dapat meningkatkan kemampuan ruas-ruas jalan dalam kondisi yang kurang baik atau kurang layak agar ruas jalan tersebut dalam kondisi yang layak sesuai dengan umur rencana. Jalan Desa Cokro hingga Jalan Desa Nongkosongo memenuhi kriteria, dimana jalan tersebut merupakan penghubung pusat kegiatan lokal. Berdasarkan pedoman geometrik jalan yang ditetapkan PUPR pada tahun 2021, jalan lingkungan primer memiliki badan jalan paling sedikit 6,5 meter. Politeknik Negeri Malang Bersama dengan Pemerintah Desa Wringinsongo menandatangani nota kesepahaman Nomor 141/12/35.07.16.2008/2020 dengan Kerjasama pada bidang pengembangan sumber daya manusia, pengembangan ilmu pengatahuan dan teknologi, penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta bidang lain yang relevan dengan jangka waktu kerja sama 5 (lima) tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi geometrik eksisting jalan terutama pada tikungan pada Jalan Desa Cokro hingga Jalan Desa Nongkosongo, didasarkan pada pedoman geometric jalan terbaru Pedoman Desain Geometrik Jalan Tahun 2021, dapat memberikan rekomendasi yang sesuai dan mampu memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengendara yang melintas. Analisis lengkung horizontal menggunakan pedoman terbaru dengan pemilihan tipe lengkung horizontal berupa S-C-S berdasarkan pergeseran lateral dan sudut defleksi tikungan. Diperoleh nilai Ls sebesar 7 m, dengan nilai Lc sebesar 35 meter serta panjang trase yang ditinjau sebesar 500 meter menjadi 475 meter. Terdapat juga penambahan lebar pada tikungan didapatkan sebesar 0,89 meter.

Keywords

Alinyemen Horizontal, Geometrik Jalan, Pergeseran Lateral, Pelebaran Tikungan.

Article Details

References

  1. Raka, G. L. (2020). TA PEMELIHARAAN DAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN CIPEUNDEUY-RAJAMANDALA (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Bandung).
  2. Direktorat Jendral Bina Marga, 2021, Pedoman Desain Geometrik Jalan, Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga.
  3. Burhamtoro, 2021, Masterplan Desa Wisata Wringinsongo Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, Kota Malang.
  4. UPT P2M Politeknik Negeri Malang, RI 2020, RoadMap Program Desa Mitra Desa Wringinsongo Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang 2020-2023, Kota Malang.
  5. Darmawan, A. (2017). Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Lentur Pada Jalan Desa Ngrejo Ke Desa Jengglungharjo Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).