Main Article Content

Abstract

Desa Sukoharjo yang terletak di Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, tengah giat melakukan pembangunan kawasan desa wisata. Dengan adanya pembangunan desa wisata ini, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan wisatawan yang keluar dan masuk. Kondisi topografi yang terjal berbukit di sebagian wilayah desa dan juga ada kegiatan penambangan memberikan rasa tidak aman kepada para pengendara kendaraan berat dari quarry dan pengendara pada umumnya. Dari permasalahan tersebut perlu adanya antisipasi dengan perencanaan peningkatan dari segi dimensi, keamanan, dan kenyamanan jalan dengan mendesain ulang yang sesuai dengan pedoman yang berlaku. Peningkatan infrastruktur sangatlah penting sebagai penunjang kawasan desa wisata untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jalan. Dalam perencanaan ini geometrik mengacu pada Pedoman Desain Geometrik Jalan No. 13/P/BM/2021. Data yang diperlukan adalah data lalu lintas sebagai data primer. Data Peta Topografi sebagai data sekunder. Berdasarkan hasil perencanaan geometrik didapatkan lengkung horizontal dengan 16 tikungan yang tediri dari 14 tikungan Full Circle dan 2 tikungan Spiral – Circle - Spiral. Untuk lengkung vertikal didapatkan 6 lengkung vertikal yang terdiri dari 4 lengkung vertikal cembung dan 2 lengkung vertikal cekung. Pelebaran ditikungan tidak diperlukan, karena pada perhitungan pelebaran pada setiap tikungan didapatkan nilai B < 6,5 m.

Keywords

Fungsi Jalan, Geometrik Jalan, Lengkung Horizontal, Lengkung Vertikal, Pelebaran Tikungan

Article Details

References

  1. M. M. Augustufa, "Evaluasi Alinyemen Vertikal Pada Jalan Lintas Lubuk Jambi-Teluk Kuantan (Studi Kasus Desa Bukit Pedusunan Sepanjang 500 m) Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Perencaan, Sains dan Teknologi (JUPERSATEK), Vol. 4, No. 1, Juli 2021 :516-522
  2. Badan Pusast Statistik, https://www.bps.go.id/
  3. Direktorat Jenderal Bina Marga, Pedoman Desain Geometrik Jalan, 2021.
  4. N. D. Raharjo, "Evaluasi Desain Lengkung Horizontal Jalan Raya Pada Kawasan Wisata Alam Arak-Arak Kabupaten Bondowoso Jawa Timur", Jurnal Teknik Sipil, Vol 3, No 1, Mei 2022: 25-34.
  5. D. Rochmanto, K. Umam, & F. F. Fauziah, "Evaluasi Geometrik Jalan Ditinjau Dari Aspek Alinyemen Horizontal Terhadap Pelebaran Tikungan Jalan Bangsri-Kelet", Reviews in civil Engineering, v.03, n.2, p.29-35, September 2019.