Main Article Content

Abstract

Pelaksanaan proyek konstruksi selalu berhubungan dengan pembangunan fasilitas pendukung proyek, baik fasilitas tetap maupun fasilitas sementara yang berfungsi sebagai penunjang jalannya proyek konstruksi. Pada proyek pembangunan gedung RSUD Dr. Soewandhie Surabaya Tahap II terdapat beberapa fasilitas pendukung yang belum optimal, sehingga perlu dilakukan optimasi site layout dengan mengatur fasilitas pendukung sementara. Tujuan optimasi ini adalah untuk menghitung jumlah fasilitas pendukung dan alternatif perpindahannya, mendapatkan bentuk site layout yang paling optimal berdasarkan nilai TD (Traveling Distance) dan nilai SI (Safety Index). Data-data yang dibutuhkan meliputi jarak antar fasilitas, faktor keamanan (Nilai Safety Index) dan frekuensi perjalanan tenaga kerja. Optimasi Site Layout dilakukan dengan menggunakan metode Multi Objective Function. Hasil yang diperoleh dalam optimasi ini yaitu: 1) Jumlah alternatif perpindahan fasilitas yang direncanakan sebanyak 15 perpindahan; 2) Site Layout yang paling optimal berdasarkan TD terdapat pada Alternatif 12 dengan nilai TD sebesar 34.350 meter atau mengalami penurunan sebesar 21,51% dari kondisi eksisting; 3) Site Layout yang paling optimal berdasarkan SI terdapat pada Alternatif 9 dengan nilai sebesar 1767,7 atau mengalami penurunan sebesar 7,57% dari kondisi eksisting; 4) Site Layout yang paling optimal berdasarkan hasil TD dan SI dengan menggunakan persentase untuk nilai TD sebesar 30% dan nilai SI sebesar 70% terdapat pada Alternatif 9, dengan nilai hasil perkalian sebesar 10,909%.

Keywords

optimasi; site layout; multi-objective function; traveling distance; safety index.

Article Details

References

  1. D. Pranarka dan T. J. W. Adi, “Optimasi (Equal) Site Layout Menggunakan Multi-Objectives Function pada Proyek A,” J. Tek. ITS, vol. 1, no. 1, hal. D72–D75, 2012.
  2. R. O. Gunawan dan C. B. Nurcahyo, “Optimasi Tata Letak Fasilitas Menggunakan Metode Multi Objective Function pada Pembangunan Proyek Apartemen Nine Residence Jakarta,” J. Tek. ITS, vol. 3, no. 2, 2014.
  3. P. Studi, T. Sipil, F. Teknik, S. Dan, dan U. I. Indonesia, “TUGAS AKHIR OPTIMASI SITE LAYOUT MENGGUNAKAN MULTI- OBJECTIVES FUNCTION PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA ( SITE LAYOUT OPTIMIZATION USING MULTI-OBJECTIVES FUNCTION ON DORMITORY Hemawan Yusuf Pradana TUGAS AKHIR OPTIMASI SITE LAYOUT MENGGUNAKAN MULTI-,” 2021.
  4. H. D. Adhika dan C. B. Nurcahyo, “Optimasi Site Layout Menggunakan Multi-Objectives Function Pada Proyek Pembangunan Transmart Rungkut Surabaya,” J. Tek. ITS, vol. 6, no. 1, 2017, doi: 10.12962/j23373539.v6i1.21535.
  5. A. D. Prabawati dan S. S. Riskijah, “OPTIMASI SITE LAYOUT MENGGUNAKAN METODE MULTIOBJECTIVE FUNCTION PADA PROYEK DERMAGA J,” vol. 2, no. 2017, hal. 8–13, 2021.