Main Article Content

Abstract

Banjir yang terjadi pada pemukiman di kawasan Jalan Janti Selatan Kota Malang ini, disebabkan karena kapasitas drainase yang sudah tidak dapat menampung debit air yang mengalir. Perencanaan ini dibuat untuk menghitung debit kapasitas, debit saluran rencana, dimensi saluran baru, bangunan pelengkap, bangunan penunjang, serta rencana anggaran biaya yang diperlukan. Data yang dibutuhkan antara lain data peta lokasi, peta topografi, dimensi saluran eksisting, curah hujan dari 3 stasiun terdekat dan jumlah penduduk. Langkah perhitungan yang perlu dilakukan yaitu menghitung curah hujan rancangan, uji kecocokan distribusi, debit banjir rancangan, air limbah pemukiman, debit kapasitas saluran eksisting, debit saluran rencana, dimensi saluran, dan bangunan pelengkap. Dari perhitungan ini didapatkan curah hujan rancangan sebesar 86,956 mm/hari, uji kecococokan distribusi dinyatakan bahwa data hujan telah sesuai, debit banjir rancangan terbesar adalah 0,552 ๐‘š3/detik, dan limbah cari pemukiman terbesar adalah 1,123 ๐‘š3/det. Dari hasil tersebut dapat dihitung debit kapasitas saluran eksisting terbesar adalah 0,8116 ๐‘š3/detik, debit saluran rencana terbesar adalah 1,123 m3/detik, dimensi saluran desain terbesar adalah 0,8 x 1 m, tinggi terjunan terbesar adalah 1,3 m, dimensi bak kontrol terbesar adalah 1,4 m x 1,4 m x 1,24 m.

Keywords

Bangunan terjun, bak kontrol, drainase, evaluasi saluran.

Article Details

References

  1. Anonim.. "SNI 03-3424-1994. Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan." 1994.
  2. Anonim. "Tata Cara Penyusunan Rencan Induk Sistem Drainase Perkotaan Buku Jilid 1. Jakarta : kementrian Pekerja Umum." 2012.
  3. Anonim. "Petunjuk Teknis Tata Cara Penerapan Drainase Berwawasan Lingkungan di Kawasan Permukiman.Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah." 2002.
  4. Suripin, "Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan.: Yogyakarta: ANDI, 2004.
  5. Soemarto, C. D., "Hidrologi Teknik." Jakarta: Erlangga, 1999.
  6. Badan Pusat Statistik. โ€œPertumbuhan Penduduk Menurut Kecamatan di Kota Malang (Persen (%)),โ€ https//malangkota.bps.go.id (diakses pada 13 November 2021)