Main Article Content

Abstract

Universitas Indonesia atau biasa disebut UI adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Depok. Pada Fakultas Teknik Universitas Indonesia terdapat 7 (tujuh) departemen yaitu Teknik Sipil, Tenik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi & Material, Arsitektur, Teknik Kimia, dan Teknik Industri. Dengan 7.482 mahasiswa, dimana 9% nya menggunakan sepeda motor. Penelitian optimasi lahan parkir dianalisa dengan menggunakan beberapa data pendukung yang didapatkan melalui survey lapangan. Layout area parkir, jumlah SRP, dan kepadatan area parkir. Data-data tersebut digunakan untuk menganalisa pertumbuhan pengguna sepeda motor untuk 5 tahun mendatang. Perhitungan anggaran biaya untuk mengimplementasikan peningkatan ini akan dihitung berdasarkan AHSP DKI Jakarta 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, direncanakan bangunan parkir 3 lantai dengan kapasitas parkir di setiap lantai sebanyak 418 SRP pada lantai 1, 410 SRP pada lantai 2 dan 412 SRP pada lantai 3. Dengan Sudut parkir yang digunakan sudut 90˚, karena berdasarkan hasil analisis dinyatakan paling efisien.

Keywords

Optimasi Lahan Parkir, Peningkatan Gedung Parkir ABSTRACT

Article Details

References

  1. M. I. Gituri, J. Sumabrata dan T. Tjahjono, “Studi Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Ketersediaan Infrastruktur Transportasi Sepeda Motor dan Pemilihan Moda Transportasi Sepeda di Universitas Indonesia,” The 17th FSTPT, p. 726.
  2. R. Amaliyah, “Studi Kelayakan Peningkatan Lahan Parkir di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Kota Depok Jawa Barat,” Politeknik Negeri Malang, Malang, 2022.
  3. D. D. Warokka, “Analisis Kebutuhan Ruang PArkir Kendaraan di Mall Hartono Lifestyle Yogyakarta,” Jurnal Teknik Sipil, p. BAB II TINJAUAN PUSTAKA, 2017.
  4. P. Pusat, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17,” dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional, Jakarta, 2005 - 2025.