Main Article Content

Abstract

Proyek pembangunan Gedung Rektorat Universitas Yudharta Pasuruan ini memiliki luas bangunan 11.830 m2. Gedung bertingkat tinggi ini terdiri dari 12 lantai, yang terletak di Kabupaten Pasuruan dan merupakan gedung baru. Sehingga belum ada perencanaan sama sekali. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk membuat project planning dengan penerapan BIM di fungsikan untuk membantu mempercepat dalam perhitungan pekerjaan struktur dan juga membuat alternatif dalam hal traffic management, site layout, metode pelaksanaan, mutu, keselamatan, kesehatan, dan lingkungan kerja, biaya, dan penjadwalan. Data-data yang diperlukan dalam penyusunan Project Planning yaitu gambar proyek, rencana kerja dan syarat-syarat, daftar harga satuan upah, alat, dan material Kabupaten Pasuruan. Analisa Harga Satuan Pekerjaan ditinjau berdasarkan AHSP Kabupaten Pasuruan 2020. Hasil penyusunan diperoleh: (1) Strategi Pelaksanaan, (2) Struktur Organisasi, (3) Perhitungan volume pekerjaan, (4) Menggunakan metode zoning dengan pembagian 2 zona, (5) Mengenakan alat pelindung diri dan menempatkan rambu-rambu pekerjaan, (6) Durasi proyek dikerjakan dalam 228 hari kalender, (7) dengan biaya sebesar Rp62.004.421.127,00.

Keywords

project planning, cubicost, gedung, Pasuruan.

Article Details

References

  1. Amalia, Aniendhita Rizki. 2016. Studi Literatur tentang Program Bantu Autodesk Revit Structure. Surabaya: Jurnal Teknik Sipil.
  2. Ervianto, Wulfram I. 2002 Manajemen Proyek Konstruksi, Yogyakarta: Andi
  3. Ervianto, Wulfram I. 2004. Teori – Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi
  4. Husen, Abrar. 2009. Manajemen Proyek. Yogyakarta: Andi Offset [5] Irika Widiasanti dan Lenggogeni, (2013) Manajemen Konstruksi, Bandung: Penerbit Rosda.
  5. Santosa, Budi. 2003. Manajemen Proyek Konstruksi Jilid 2. Surabaya: Prima Printing
  6. Santosa, Budi. 2009. Manajemen Proyek: Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
  7. Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional. Erlangga: Jakarta [9] http://www.ilmusipil.com/cara-membuat-kurva-s
  8. www.adhyaksapersada.co.id
  9. www.maps.google.com