Main Article Content

Abstract

Jembatan Karanggongso I STA 6+365 pada Proyek JLS Lot 6 menghubungkan antara wilayah Kecamatan Prigi dan Kecamatan Nglarap yang menjadi akses penting bagi kelangsungan ekonomi provinsi. Bertujuan untuk mencari alternatif perencanaan yang kondisi existing menggunakan fondasi bored pile diubah menjadi spun pile, dikarenakan pelaksanaan pekerjaan spun pile tidak terpengaruh oleh cuaca yang berubah-ubah karena lokasi proyek yang berada didekat pantai. Analisis pembebanan struktur atas dan abutment menggunakan perhitungan 3D dengan software STAAD.Pro CONNECT Edition. Data yang dibutuhkan antara lain bore log N-SPT dan parameter tanah digunakan untuk menghitung analisis daya dukung tiang tunggal, daya dukung tiang kelompok, daya dukung lateral tiang kelompok, dan penurunan tiang. Perubahan dimensi plat lantai struktur atas dikarenakan perubahan jarak as-as PC-I Girder menjadi 𝟏.𝟖𝟓 𝒎𝒎, skema pembebanan kendaraan pada plat lantai berubah menjadi 3 lajur, dan dimensi trotoar diperkecil. Perubahan dimensi abutment menyesuaikan dimensi struktur atas dan mutu beton abutment 𝒇′𝒄 𝟐𝟓 𝑴𝑷𝒂. Spesifikasi fondasi yang dihasilkan berdimensi 𝟎.𝟔 𝒎 dengan kelas 𝑪 berjumlah 21 buah dengan konfigurasi 𝟑×𝟕. Analisis daya dukung pada abutment I, daya dukung tiang tunggal senilai 𝟓𝟏𝟎.𝟔𝟑 𝒌𝑵, daya dukung tiang kelompok senilai 𝟏𝟎𝟕𝟐𝟑.𝟑𝟐 𝒌𝑵, daya dukung lateral tiang kelompok senilai 𝟏𝟓𝟔𝟖𝟎.𝟐𝟓 𝒌𝑵, dan penuruan tiang senilai 𝟑.𝟓𝟎 𝒄𝒎. Analisis daya dukung pada abutment II, daya dukung tiang tunggal senilai 𝟒𝟗𝟔.𝟒𝟔 𝒌𝑵, daya dukung tiang kelompok senilai 𝟏𝟎𝟒𝟐𝟓.𝟔𝟓 𝒌𝑵, daya dukung lateral tiang kelompok senilai 𝟏𝟑𝟑𝟗𝟒.𝟑𝟐 𝒌𝑵, dan penurunan tiang senilai 𝟑.𝟗𝟐 𝒄𝒎.

Keywords

Jembatan Karanggongso I; Spun Pile; Perhitungan 3D

Article Details

References

Read More