Main Article Content
Abstract
Kemacetan pada simpang Jl. Supriadi – Jl. Kebonsari – Jl. Satsuit Tubun Kota Malang, disebabkan oleh volume lalu lintas yang padat dan juga disebabkan saat palang perlintasan kereta api ditutup. Tujuan penelitian untuk menilai kinerja simpang tak bersinyal pada kondisi eksisting dan setelah perencanaan fly over. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari geometrik simpang dan volume kendaraan yang dilakukan pada jam puncak, sedangkan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang dan kantor PJL 84 Kacuk. Analisa perhitungan kinerja simpang tak bersinyal menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Hasil analisa kinerja simpang eksisting mendapatkan nilai tundaan (D) = 39,82 det/smp dan level of service (LOS) = D, sedangkan setelah penanganan alternatif diperoleh nilai tundaan simpang (D) = 10,31 det/smp dan level of service (LOS) = B.
Keywords
Article Details
References
- Anonim, (2000). Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan. Pacific Consultant International (PCI).
- Badan Pusat Statistik. 2021. Kota Malang dalam Angka 2021. Malang.
- Data Lokasi Penelitian. Diakses dari Google Earth.
- Efendi, Ramadhaningtyas Dwi Cahyadi. (2020). Pengaruh Penutupan Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal di Kota Malang (Studi Kasus Simpang Tak Bersinyal Jl. S. Supriadi – Jl. Satsui Tubun). Jurnal Skripsi Institut Teknologi Nasional.
- Indonesia, D. P. U. R, & Marga, D. J. B. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).
- Marga, D. J. B. (1992). Standar Perencanaan Geometri Untuk Jalan Perkotaan.
- Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2015). Nomor PM 96 Tahun 2015 Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Lalu Lintas.
- Peraturan Menteri Pekerjaan Umum. (2011). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 19/PRT/M/2011 Tentang Persyaratan Teknis Jalan Dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan.
- Tamin, O.Z. (2000). Perencanaan Dan Permodelan Transportasi. Penerbit ITB.
- Wikipedia. (2022). Jalan Layang, https://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_layang, diakses 12 Desember 2022 pukul 05.32.
- Wiyantoro, Ghilman Y.S. (2019). Evaluasi Manajemen Lalulintas Simpang Tak Bersinyal Simpang Klenteng Mojosari Mojokerto. Jurnal Skripsi Politeknik Negeri Malang.
References
Anonim, (2000). Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan. Pacific Consultant International (PCI).
Badan Pusat Statistik. 2021. Kota Malang dalam Angka 2021. Malang.
Data Lokasi Penelitian. Diakses dari Google Earth.
Efendi, Ramadhaningtyas Dwi Cahyadi. (2020). Pengaruh Penutupan Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal di Kota Malang (Studi Kasus Simpang Tak Bersinyal Jl. S. Supriadi – Jl. Satsui Tubun). Jurnal Skripsi Institut Teknologi Nasional.
Indonesia, D. P. U. R, & Marga, D. J. B. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).
Marga, D. J. B. (1992). Standar Perencanaan Geometri Untuk Jalan Perkotaan.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2015). Nomor PM 96 Tahun 2015 Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Lalu Lintas.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum. (2011). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 19/PRT/M/2011 Tentang Persyaratan Teknis Jalan Dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan.
Tamin, O.Z. (2000). Perencanaan Dan Permodelan Transportasi. Penerbit ITB.
Wikipedia. (2022). Jalan Layang, https://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_layang, diakses 12 Desember 2022 pukul 05.32.
Wiyantoro, Ghilman Y.S. (2019). Evaluasi Manajemen Lalulintas Simpang Tak Bersinyal Simpang Klenteng Mojosari Mojokerto. Jurnal Skripsi Politeknik Negeri Malang.